Pelatihan SISPAL Dan Limbah B3 Jhonlin Group

Kesadaran akan bahaya kerja yang mengancam keselamatan dan kesehatan kerja karyawan maupun masyarakat sekitar masih sering diabaikan dan dianggap tidak begitu penting, salah satunya mengenai penanganan Sistem Pengelohan Air Limbah (SISPAL) dan Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya Beracun (LB3) yang kurang efektif dapat membuat kondisi lingkungan semakin memburuk.

Jhonlin Group, SHE Jhonlin Group, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isam, Sispal, Limbah B3Permasalahan limbah industri kini menjadi salah satu isu utama yang menjadi concern bagi perusahaan yang peduli terhadap lingkungan sekitar. Misalnya bahan berbahaya dan beracun (B3) yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam aktivitas industri. Karena karakteristik dan dampaknya, bahan kimia dan B3 harus dikelola penggunaan dan penyimpanannya. Mengingat akhirakhir ini, sering sekali terjadi kasus-kasus yang terkait dengan B3, sehingga perusahaan perlu memberikan perhatian yang intens dan menerus untuk hal ini. Pengelolaan B3 tidak sematamata untuk memenuhi peraturan yang berlaku, tetapi juga merupakan kebutuhan bagi perusahaan. Pengelolaan B3 terkait dengan meningkatnya keamanan dan keselamatan pekerja maupun masyarakat sekitar karena dapat menekan resiko yang dapat terjadi. Dengan demikian perusahaan secara tidak langsung telah melindungi aset sumber daya manusia dalam perusahaan dan masyarakat sekitar.

Jhonlin Group, SHE Jhonlin Group, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isam, Sispal, Limbah B3Masalah air limbah tidak sesederhana yang dibayangkan, dimana pengelolaan air limbah memerlukan biaya investasi yang besar dan biaya operasi yang tidak sedikit serta perencanaan yang baik agar tidak berdampak terhadap masyarakat sekitar khususnya karyawan. Untuk mengelola bahan buangan industri (limbah), yang dikenal dengan bahan buangan berbahaya, setiap individu yang terlibat di dalam penanganannya memerlukan wawasan dan identifikasi yang benar terhadap bahan berbahaya tersebut. Untuk itu SHE Jhonlin Group menggelar Pelatihan Sistem Pengelohan Air Limbah dan Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya Beracun di ruang meeting Jhonlin Group, Sabtu 19 Juli 2014 yang diikuti sekitar 17 orang dari masing-masing unit usaha yang tergabung dalam Jhonlin Group.

Jhonlin Group, SHE Jhonlin Group, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isam, Sispal, Limbah B3Kegiatan diawali dengan Pre-test untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan karyawan seputar materi pelatihan yang disiapkan oleh SHE Jhonlin Group. Di samping itu metode pelatihan dilakukan dengan cara diskusi dimana masing-masing perwakilan unit usaha menjabarkan mengenai Sistem Pengelolahan Air Limbah dan Pengelolaan LB3 di unit usaha masing-masing kemudian dicari solusinya. Sampai pukul 16.00 WITA para peserta diberikan materi seputar definisi pencemaran lingkungan, sumber-sumber air limbah, prinsip pengendalian air limbah, baku mutu air limbah, sementara untuk pengelolaan LB3 me liputi pengelolaan LB3, struktur perundangan B3, tata laksana pengelolaan B3,
Pengelolaan limbah B3, prinsip-prinsip pengemasan dan penyimpanan limbah B3, simbol-simbol B3 maupun LB3, Prinsip prinsip
dalam melakukan pengelolaan LB3 dan masih banyak lainnya.

Menurut Herison Fadly, Supervisor Enviromental Jhonlin Group yang menjadi instuktur pelatihan “Tujuan utama pengelolaan air limbah ini untuk mengurangi kandungan bahan pencemar di dalam air terutama senyawa organik, padatan tersuspensi. Mikroba patogen dan senyawa organik yang tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme yang terdapat di alam.” Ditambahkannya “Kesadaran akan bahaya kerja yang
mengancam keselamatan dan kesehatan kerja karyawan maupun masyarakat sekitar masih sering diabaikan dan dianggap tidak begitu penting sehingga karyawan perlu memahami pentingnya SISPAL dan Pengelolaan LB3 yang ditimbulkan akibat kegiatan operasional.”

Abdul Azis, Foreman Drafter PT. Jhonlin Marine Trans salah satu peserta pelatihan juga mengungkapkan “Masalah pengelohan air limbah dan pengelolaan limbah bahan berbahaya beracun harus menjadi perhatian utama guna menghindari resiko terhadap kesehatan pekerja maupun masyarakat sekitar atau efek-efek lain yang merugikan perusahaan khususnya bagi lingkungan hidup dimasa mendatang.” Di kesempatan yang sama, Aliyansyah Supervisor TDS SHE Jhonlin Group mengungkapkan “Pelatihan ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman seputar SISPAL dan Pengelolaan LB3 di unit masing-masing berdasarkan undang-undang maupun peraturan pemerintah yang mana akibat penanganannya yang salah dan kurang tepat efeknya membuat kondisi lingkungan semakin memburuk. Di samping itu memberikan gambaran tentang bahaya/resiko tempat kerja terhadap kesehatan kerja serta cara penanggulangan berdasarkan prinsip pengendalian maupun pengelolaan air limbah serta LB3 dengan maksud untuk menciptakan kondisi kerja yang aman serta nyaman.”

Baca juga :

Berbagai berkah ramadhan bersama Jhonlin Group

English Training for Employee PT.Jhonlin Baratama

Direktur Utama PT. Jhonlin Baratama : Disiplin, Kerja keras, Pantang menyerah dan Kejujuran

Perjalanan Kaki dan Hati Menikmati Keindahan Alam Ranu Kumbolo

Komitmen standar mutu managemen dan mutu produksi Sertifikasi ISO 9001 : 2008 PT. Jhonlin Agromandiri