Kerja Keras, Disiplin, Kejujuran dan Pantang Menyerah

Jhonlin Group, PT. Jhonlin Baratama, Fahrial, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isamFahrial, Direktur Utama PT. Jhonlin Baratama

Tidak banyak yang mengetahui apa mimpi terbesar dalam hidup sosok Fahrial, yang dikenal saat ini sebagai Direktur Utama PT. Jhonlin Baratama (PT. JB). Keinginannya untuk mendukung sinergi unit usaha Jhonlin Group, komitmen beliau dalam hal pemenuhan administrasi dan perijinan segala kebutuhan operasional, dan keinginannya untuk menjadi manusia yang berguna bagi keluarga dan perusahaan.

JhonlinMagz menemui beliau di ruang kerjanya di PT. JB site Sungai Dua, Ayah dari Fani (14 Thn) dan Fina (11 Thn) hasil pernikahannya bersama Isnawati ini menuturkan berbagai hal yang semoga dapat menjadi inspirasi dalam bincang santai kami siang itu.

Jhonlin Group, PT. Jhonlin Baratama, Fahrial, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isam
Sedang sibuk apa sekarang pak?
Selain target produksi perusahaan di beberapa site project, saya juga sedang berupaya untuk mendukung sinergi antar unit usaha di Jhonlin Group dan melakukan beberapa perbaikan dan pengembangan dalam manajemen PT. Jhonlin Baratama.

Terkait Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2014, apa saja pencapaian PT. JB dalam hal pemenuhan kebutuhan pelestarian lingkungan di area kerja PT. JB?
Melalui Departemen SHE pencapaian dalam hal pemenuhan kebutuhan pelestarian lingkungan hidup di area kerja PT. JB, kami telah menjaga secara terus menerus dan melakukan kegiatan penataan limbah B3, pengujian kwalitas udara, tanah, air dan kebisingan pada setiap unit usaha, serta pelaksanaan reklamasi dan revegetasi di wilayah bekas penambangan.

Bagaimana implementasi hari Lingkungan Hidup Sedunia 2014 ini di area kerja PT. Jhonlin Baratama?
Implementasi Hari Lingkungan Hidup Sedunia di area kerja PT. JB telah terencana sejak beberapa waktu yang lalu, yakni sejak awal dibukanya projek penambangan di masing-masing site project pertambangan, seperti di project Sungai Dua, Sungai Danau dan Kintap. Perencanaan ini juga telah kami koordinasikan bersama Jhonlin Group yang merupakan Holding Company, dalam hal ini khususnya Departemen SHE, telah kita jalankan sebagaimana mestinya, seperti penataan limbah B3, pengujian kwalitas udara, tanah, air dan kebisingan sesuai standar baku mutu yang dianggap layak, sehingga tidak berdampak negatif terhadap lingkungan sekitar, dan kita upayakan dapat dimanfaatkan kembali oleh masyarakat. Selain itu, kita juga melakukan reklamasi dan revegetasi bekas wilayah penambangan, dengan penanaman ribuan bibit tanaman yang bermanfaat, seperti pohon Sengon, Trambesi dan Mahoni.

Tentunya pelaksanaannya dengan mengikuti peraturan perundangan yang berlaku serta memenuhi syarat perijinan dalam lingkup pengelolaan lingkungan hidup. Selain itu, PT. JB bersama PT. Arutmin Indonesia juga menggelar rangkaian kegiatan penanaman, lomba 5S dan Mining Tour untuk anak sekolah lingkar tambang, mengenalkan kepada anak-anak sekolah bagaimana proses pertambangan hingga reklamasi lahan.

Target pencapaian PT. JB terkait pelestarian lingkungan di area kerja PT. JB?
Pada ‘saat sekarang’ dan ‘kedepan’nya terus menerus melaksanakan kegiatan, mulai dari pemantauan, pencegahan, analisa dan action guna meminimalkan dampak negatif yang disebabkan kegiatan pertambangan. Jadi tidak ada istilah ‘nanti-nanti’ tapi langsung action.

Harapan bapak kedepannya, terkait kelestarian lingkungan di area kerja PT. JB?
Harapan saya, kedepannya area bekas tambang lingkungan hidupnya masih tetap dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Mengingat area kerja PT. JB yang tersebar di beberapa tempat, bagaimana manajemen PT. JB menjaga integrasi program kerja terkait kelestarian lingkungan, agar merata di seluruh area kerja?
Tidak ada kendala sama sekali, karena dalam hal menjaga integrasi program kerja terkait kelestarian lingkungan kami selalu melakukan koordinasi yang intens disetiap site project. Dibantu juga oleh personil dari Departemen SHE yang berpengalaman dan selalu siaga telah ditempatkan di masingmasing site project dengan satu komando dari Departemen SHE Jhonlin Group.

Melihat padatnya jadwal kerja bapak, bagaimana bapak menjaga stamina dalam menjalankan aktifitas kerja yang padat?
Saya secara rutin melakukan olahraga, baik di rumah atau di luar rumah, selain itu saya benar-benar memanfaatkan waktu istirahat untuk beristirahat dan tidak tidur larut malam agar  paginya bisa segar kembali.

Bagaimana bapak membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga?
Hari Minggu merupakan waktu yang saya khsususkan untuk keluarga, setiap hari Minggu pulang ke rumah di Banjar Baru, mengajak keluarga jalan-jalan ke tempat wisata, juga sesekali saya mengajak keluarga untuk olahraga bersama.

Hobi yang bapak lakukan disela padatnya jadwal pekerjaan?
Hobi saya adalah olahraga, bagi saya olahraga telah menjadi kebutuhan hidup saya, biasanya saya melakukan fitness, jogging, bulutangkis dan di rumah kebetulan juga ada sansak tinju, lumayan untuk kesegaran badan.

Prinsip hidup bapak?
Kerja keras, disiplin, kejujuran dan pantang menyerah Mohon sebutkan, orang-orang yang memberikan inspirasi terbesar dalam hidup bapak? Orangtua dan keluarga tentunya, kalau untuk tokoh yang saya kagumi itu Mohammad Hatta. Mimpi saya adalah ingin membuat sesuatu yang berguna bagi keluarga dan perusahaan, saya ingin menjadi orang yang bermanfaat bagi mereka, saya sedang berusaha untuk bisa menjadi seperti itu.

Baca juga :

Info Lowongan Kerja Terbaru PT. Jhonlin Baratama

Training Service Execelent PT. Jhonlin Sasangga Banua

Jhonlin Group Dukung Atlit Tanah Bumbu Ikuti Kejuaraan

Jhonlin Group Berpartisipasi Pelaksanaan MTQ Nasional Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan

Bantuan Renovasi sekolah SMK Kodeco Simpang Empat Jhonlin Group

Partisipasi Jhonlin Group Pelaksanaan MTQ Ke XI Kecamatan Simpang empat Tahun 2014

Bantuan Dana Berprestasi Murid Sekolah Ditanah Bumbu Oleh Jhonlin Group