Irvan Setyawan, Finance Supervisor PT. Jhonlin Baratama “Bernostalgia Lewat Gulungan Pita Kaset”

Proses mencari apa yang memang diinginkan, lalu menemukan di tempat-tempat yang kadang tidak diduga, menjadi pengalaman tersendiri baginya. Berikut cerita seputar hobi koleksi kaset pita Irvan Setyawan, salah satu karyawan PT. Jhonlin Baratama.

Jhonlin Group, PT. Jhonlin Baratama, Hobbies, Koleksi kaset, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isamDi era sekarang yang serba canggih, keberadaan kaset semakin dilupakan, kemunculan player dengan sistem digitalisasi menjadi pilihan mutlak orang untuk menghibur diri melalui musik yang dikonsumsi. Akibatnya, saat ini pita kaset lebih banyak menjadi koleksi, seperti yang dilakukan pria kelahiran Jakarta, 12 Februari 1977. Hingga saat ini pita kaset yang dimilikinya lebih dari 500 buah, kebanyakan koleksinya merupakan kaset-kaset yang dibelinya sejak masih duduk di bangku SMP sampai kuliah dari berbagai genre musik. Menurutnya, “Yang tidak terlupakan soal kaset-kaset ini adalah saat mencarinya. Saya harus hunting dari mall ke mall, ke pasarpasar bahkan ke penjual kaset bekas. Bahkan beberapa koleksi saya temukan di kota terpencil yang nggak saya duga sama sekali. Nah, disitulah letak seninya. Hunting kaset terasa seperti zat adiktif, setelah menemukan satu maka saya bakal terus mencari lagi dan lagi. Waktu itu harga kaset masih berkisar dua ribuan, saya – yang masih sekolah waktu itu – harus rela tidak jajan demi kesenangan saya itu. Untungnya orang tua saya tidak keberatan, bahkan lumayan mendukung mesti tidak secara materi. Karena mereka nggak mau mengeluarkan sesenpun untuk kesenangan saya itu. Dari situ saya dapat pelajaran, bahwa tidak ada kesenangan tanpa pengorbanan.”

Jhonlin Group, PT. Jhonlin Baratama, Hobbies, Koleksi kaset, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isamKaset sebuah benda yang semakin hari semakin jarang difungsikan, namun memiliki nilai historis tertentu bagi sebagian orang. Mungkin buat sebagian orang kaset itu suatu hal yang biasa namun ketika kita mencintai sesuatu yang biasa itu akan menjadi luar biasa. Proses mencari yang diinginkan, lalu menemukannya di tempat-tempat yang kadang tidak diduga, menjadi pengalaman tersendiri. Itulah yang membuat pria berkacamata ini begitu bersemangat mengumpulkan koleksinya. Masih menurutnya, saat menatap koleksi tesebut serasa memutar kenangan lama, karena setiap kaset memiliki kisahnya masingmasing. Kaset sebuah benda yang semakin hari semakin jarang difungsikan, namun punya nilai historis yang tinggi.

“Ada kesenangan saat jari ini menyentuh kaset yang berjajar di rak pajang serta mendengarkan musiknya, lewat kaset saya bisa bernostalgia juga. Selain itu, saat kaset diputar, rasanya beda banget dengan compact disc (CD), ada suara “jetlek” saat tombol play ditekan. Disamping itu, warna-warni desain cover kaset yang sangat menarik membuat saya ingin memilikinya juga. Kalau ditanya berapa harga untuk semua koleksi saya, maka saya katakan angkanya tidak ternilai. Begitu juga sebaliknya tidak ada nilai yang dapat disebutkan untuk membayar koleksi ini. Buat saya, apapun di dunia ini akan tergantikan pada waktunya. Yang tidak tergantikan mungkin adalah cerita kita dengan apapun yang menjadi kenangan atau berhubungan dengan kenangan, baik dengan keluarga maupun hobi,” ungkap Supervisor Finance PT. Jhonlin Baratama sembari mengenang koleksi kasetnya.

Baca juga :

Info Lowongan Kerja Terbaru PT. Jhonlin Baratama

Training Service Execelent PT. Jhonlin Sasangga Banua

Jhonlin Group Dukung Atlit Tanah Bumbu Ikuti Kejuaraan

Jhonlin Group Berpartisipasi Pelaksanaan MTQ Nasional Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan

Bantuan Renovasi sekolah SMK Kodeco Simpang Empat Jhonlin Group

Partisipasi Jhonlin Group Pelaksanaan MTQ Ke XI Kecamatan Simpang empat Tahun 2014

Bantuan Dana Berprestasi Murid Sekolah Ditanah Bumbu Oleh Jhonlin Group