Komitmen Standar Mutu Manajemen dan Mutu Produksi Sertifikasi ISO 9001 : 2008 PT. Jhonlin Agromandiri

Dengan diraihnya sertifikasi manajemen mutu ISO 9001 : 2008 merupakan langkah awal CRF PT. JhonlinAgromandiri dalam menjawab tantangan produksi yang sesuai dengan standar mutu produk dan standar manajemen perusahaan. Sebelumnya, CRF PT. Jhonlin Agromandiri telah mendapatkan TPP (Tanda Pengenal Produk) dan SNI (Standar Nasional Indonesia) untuk kwalitas bahan baku dan produksi SIR sebagai syarat ekspor.

Jhonlin Group, PT. Jhonlin Agromandiri, ISO 9001 : 2008, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isamDengan sertifikasi ISO 9001:2008 memudahkan managemen PT. JA khususnya CRF (Crumb Rubber Factory) dalam melakukan monitor kerja, evaluasi dan mengambil kebijakan yang efektif dan efisien. Selain itu, membantu karyawan dalam melakukan pekerjaan karena dibantu oleh SOP (Standard Operational Procedure) dan IK (Intruksi Kerja) yang jelas. Sertifikasi ISO juga dibutuhkan sebagai standar dalam pemasaran produk ke dalam dan luar negeri, hal ini disebabkan karena Buyer sangat memperhatikan jaminan mutu atau kwalitas produk Standard Indonesian Rubber (SIR). Seperti yang disampaikan Angga GM CRF PT. JA “Dengan adanya sertifikasi ISO 9001:2008 kita telah memiliki sasaran mutu yang harus terus dikejar dan dipertahankan agar bisa meningkatkan efektifitas dan efisiensi, agar proses produksi dan manajerial dapat terukur dan memiliki indikator dalam setiap pelaksanaannya.” Angga menambahkan “Buyer sangat rentan terhadap resiko mutu SIR, jadi jika ditemukan spec out, kontaminasi, maupun white spot dengan adanya sistem manajemen mutu, kita dapat menelusuri akar dari permasalahan dan menemukan solusi serta kebijakan yang tepat untuk mengantisipasi permasalahan, oleh karenanya, CRF PT. JA berkomitmen untuk menjaga kwalitas manajemen mutu ini.” Syahriwal Heri Manager Adm. dan Umum menyampaikan komitmennya dalam mempertahankan sertifikasi ISO dengan menerapkan pola kerja sesuai dengan SOP dan IK “Kami siap untuk mengimplementasikan SOP maupun IK guna mendukung produksi yang maksimal.”

Bulan Juni 2014, CRF PT. JA mendapatkan kontrak penjualan dengan Forearn International Ltd. untuk shipment 10 kontainer SIR 20, lebih kurang 201 Ton SIR ini rencananya akan dikirimkan di bulan Juli 2014. Seperti yang disampaikan Angga “Kode KCB merk dagang SIR PT. JA telah dikenal oleh pasar internasional, kwalitas produksi kita mulai dilirik, target kita selanjutnya adalah meng-optimalkan produksi secara bertahap menyesuaikan ketersediaan bahan baku hingga minimal 350 Ton SIR, hal ini tentunya harus didukung oleh pembangunan dan pembenahan infrastruktur dan penerapan manajemen mutu perusahaan.”

Sebelumnya, audit sebelum mendapat sertifikat ISO telah dilakukan di bulan April 2014, oleh lembaga yang direkomendasikan oleh GAPKINDO dan KEMENPERIN RI, yakni YOQA (Yogya Quality Assurance) sebagai LSSM (Lembaga Sertifikasi Sistem Mutu) yang dipimpin oleh Satija sebagai Ketua tim audit, Prayitno dan Sri Waskito sebagai anggota. YOQA yang telah diakreditasi oleh KAN (Komite Akreditasi Nasional) dan lebih spesifik terhadap karet, juga diakui oleh organisasi standar internasional. Auditor diantaranya Satija sebagai Ketua tim audit, Prayitno dan Sri Waskito sebagai anggota. Menurut Hadi Kartono, Manager CRF PT. JA “Audit dilakukan dengan tujuan memperoleh Sertifikasi ISO 9001:2008 dengan dilakukan pemeriksaan semua kelengkapan berdasarkan standar acuan pelaksanaan audit yakni SNI 19-03-2000 / ISO 9001:2008 serta untuk terus memelihara dan meningkatkan efektifitas dan kinerja sistem manajemen mutu ISO 9001:2008.” Prayitno salah satu team audit lembaga YOQA mengungkapkan “Untuk melakukan ekspor perusahaan tidak hanya membutuhkan TPP maupun SNI tapi juga harus menerapkan sistem mutu agar konsistensi mutunya bisa terjamin. Setelah dilakukan audit apabila ada temuan atau ketidaksesuaian maka kami akan rekomendasikan untuk melakukan corrective action. Semua perusahaan dapat memiliki sistem yang baku dan standar. Karena dengan penerapan standar ini dapat meningkatkan efisiensi, kualitas produk dan konsistensi mutu dari hasil produksi yang akan diekspor” . Jadi, dengan dukungan Sumber Daya Manusia yang berpengalaman dan berdedikasi akan menjadikan perusahaan ke arah pencapaian konsistensi sistem mutu dan kepercayaan konsumen.”

Baca juga :

Info Lowongan Kerja Terbaru PT. Jhonlin Baratama

Training Service Execelent PT. Jhonlin Sasangga Banua

Jhonlin Group Dukung Atlit Tanah Bumbu Ikuti Kejuaraan

Jhonlin Group Berpartisipasi Pelaksanaan MTQ Nasional Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan

Bantuan Renovasi sekolah SMK Kodeco Simpang Empat Jhonlin Group

Partisipasi Jhonlin Group Pelaksanaan MTQ Ke XI Kecamatan Simpang empat Tahun 2014

Bantuan Dana Berprestasi Murid Sekolah Ditanah Bumbu Oleh Jhonlin Group