Hari Bhakti Rimbawan 2014 Memperkokoh Jiwa Korsa Rimbawan Dan Rimbawati

Hari Bakti Rimbawan yang diperingati setiap tanggal 18 Maret merupakan refleksi atau instropeksi untuk mengukur sejauh mana upaya yang telah dilaksanakan dan dicapai oleh para rimbawan dan rimbawati dalam mewujudkan pengelolaan hutan sebagaimana yang menjadi tema Internasional tujuan diperingatinya Hari Bakti Rimbawan yakni Hutan Kita Masa Depan Kita.
Jhonlin Group, PT. Jhonlin Agromandiri, Hari Bhakti  Rimbawan 2014, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isam Momentum Hari Bhakti Rimbawan sangat tepat apabila digunakan untuk melakukan kontemplasi atas apa yang telah dilakukan di masa lampau, saat ini dan masa yang akan datang. Hal ini penting karena kita akan mengetahui sejauh mana keberadaan rimbawan dalam proses pembangunan nasional sehingga dampak outcome dapat dirasakan masyarakat, bangsa, negara dan dunia internasional. Berdasarkan resolusi PBB 67/200 tanggal 21 Desember 2012 ditetapkan sebagai International Day of Forests (Hari Hutan Internasional) atau Hari Hutan se-Dunia yang diperingati setiap tanggal 21 Maret. International Day of Forests ditetapkan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran publik di seluruh dunia tentang pentingnya keberadaan semua jenis hutan dan pohon di luar hutan. Fokus utama kampanye Hari Hutan se-Dunia yaitu menjaga keberadaan hutan di dunia yang dilakukan dengan melindungi hutan, memanfaatkan hasil hutan, dan menjadikan hutan sebagai tempat rekreasi alam untuk kesejahteraan manusia. Hal ini sejalan dengan pidato Presiden pada pembentukan Kabinet Pembangunan IV pada tanggal 16 Maret 1983 yang ditetapkan sebagai Hari Bhakti Rimbawan. Kementerian Kehutanan memperingatinya sekaligus dengan Hari Bakti Rimbawan.

Jhonlin Group, PT. Jhonlin Agromandiri, Hari Bhakti  Rimbawan 2014, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isam Tema Hari Hutan Internasional adalah Hutan Kita Masa Depan Kita. Oleh karena itu seluruh Rimbawan dituntut untuk lebih bekerja dengan optimal. Hal ini sejalan dengan tema Hari Bhakti 2014 yaitu “Dengan Semangat Bhakti Rimbawan Kita Tingkatkan Solidaritas Menuju Kehutanan Baru.” Tema ini sangat relevan bagi bangsa Indonesia dan seluruh rimbawan maupun rimbawati dalam upaya menjaga, melindungi dan mengkonservasi, mereboisasi, menghijaukan dan mengusahakan hutan secara lestari dalam memberikan sumbangan nyata bagi hutan kita dan dunia untuk masa depan yang lebih baik.

Back to Camp Rimbawan Dan Rimbawati

Beragam kegiatan semarakkan Hari Bhakti Rimbawan ke-31 yang dikemas dalam kegiatan Back To Camp selama 3 hari yang difasilitasi oleh PT. Jhonlin Agromandiri untuk meningkatkan jiwa korsa rimbawan dan rimbawati dalam mewujudkan pengelolaan hutan lestari.

Jhonlin Group, PT. Jhonlin Agromandiri, Hari Bhakti  Rimbawan 2014, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isam Back to Camp rimbawan merupakan program foresther gathering yang digelar Dinas Kehutanan dan Perkebunan Tanah Bumbu bekerjasama dengan perusahaan perusahaan yang bergerak di bidang kehutanan dan perkebunan. Setelah sukses menggelar Hari Bhakti Rimbawan di PT. Inni Joa tahun 2013 silam, untuk tahun 2014 PT. Jhonlin Agromandiri ditetapkan oleh Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Tanah Bumbu sebagai pelaksana acara Back To Camp Hari Bhakti Rimbawan tanggal 23-25 Mei 2014. Hari Bhakti Rimbawan tahun 2014 ini telah memasuki tahun peringatan ke-31, Back To Camp diselenggarakan di base camp PT. Jhonlin Agromandiri, Jl Kodeco KM 48. Tema pelaksanaan Back To Camp Rimbawan tahun 2014 yaitu ‘Dengan Semangat Bhakti Rimbawan Kita Tingkatkan Solidaritas Menuju Kehutanan Baru’.

Jhonlin Group, PT. Jhonlin Agromandiri, Hari Bhakti  Rimbawan 2014, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isam
Jhonlin Group, PT. Jhonlin Agromandiri, Hari Bhakti  Rimbawan 2014, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isam
Jhonlin Group, PT. Jhonlin Agromandiri, Hari Bhakti  Rimbawan 2014, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isam Selain diikuti oleh Dinas Kehutanan dan Perkebunan Tanah Bumbu, Dinas Kehutanan Hulu Sungai Selatan, Dinas Kehutanan Kotabaru dan BKSDA Kalimantan Selatan. Kegiatan ini juga diikuti beberapa perusahaan yang ada di Tanah Bumbu seperti PT. Jhonlin Agromandiri, PT. Inni Joa, PT. Kodeco Timber, PT. Batulicin Bumi Bersujud, PT. Hutan Rindang Banua dan PT. Kirana Khatulistiwa. Menurut Hanif Faisol Nurafiq, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. Tanah Bumbu “Tahun ini pelaksanaan Back To Camp lebih meriah dan jumlah pesertanya cukup banyak. Selain beragam lomba diadakan PT. Jhonlin Agromandiri selaku penyelenggara menggelar penanaman dan pemberian bantuan sosial di Pondok Pesantren Al-Istiqamah di jalan Kodeco Km 41. Semoga kegiatan ini meningkatkan jiwa korsa kita sebagai Rimbawan dan Rimbawati dalam mewujudkan pengelolaan hutan sebagaimana yang menjadi tema Internasional tujuan diperingatinya Hari Bakti Rimbawan yakni Hutan Kita Masa Depan Kita.”

Jhonlin Group, PT. Jhonlin Agromandiri, Hari Bhakti  Rimbawan 2014, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isam
Jhonlin Group, PT. Jhonlin Agromandiri, Hari Bhakti  Rimbawan 2014, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isam
Jhonlin Group, PT. Jhonlin Agromandiri, Hari Bhakti  Rimbawan 2014, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isam
Jhonlin Group, PT. Jhonlin Agromandiri, Hari Bhakti  Rimbawan 2014, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isam Lokasi acara yang terletak di balik bukit menuju arah Goa Sunggung salah satu obyek wisata Tanah Bumbu, membuat kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini menarik. Dimana para peserta dari setiap instansi maupun perusahaan mengikuti rangkaian kegiatan yang telah disiapkan panitia seperti Bola Volley, Catur, Tennis Meja, Domino, Lomba Joget, Engrang, Tarik Tambang, dan Lari Karung. Seperti yang diungkapkan Agus Liannoor, Ketua Panitia Pelaksana “Kegiatan seperti ini dapat membangun kekompakan dan semangat persaudaraan. Semoga apa yang dilakukan selama 3 hari ini dapat meningkatkan semangat jiwa korsa dan keakraban Rimbawan dan Rimbawati semakin solid.”

Bakti Sosial Hari Bhakti Rimbawan 2014 Di Pondok Pesantren Al- Istiqamah

Dalam acara Back To Camp dilakukan penyerahan bantuan dari PT. Jhonlin Agromandiri ke Pondok Pesantren Al- Istiqomah serta penanaman di area ponpes bersama Dishutbun Tanah Bumbu serta peserta Bhakti Rimbawan lainnya.
Jhonlin Group, PT. Jhonlin Agromandiri, Hari Bhakti  Rimbawan 2014, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isam Hari Bhakti Rimbawan merupakan salah satu upaya pemerintah dalam hal mensosialisasikan upaya pelestarian hutan serta menumbuhkan semangat rimbawan dan rimbawati sekaligus ajang silahturahmi. Back to camp 2014 selain menjadi ajang silaturahmi antar perusahaan dan pemerintah juga mengadakan kegiatan bhakti sosial di pesantren Al-Istiqomah seperti penanaman tanaman buah, perbaikan sanitasi, dan pengadaan peralatan ibadah dan kemudian renovasi Masjid Miftahul Jannah yang berada di Jl. Kodeco KM. 50. Penanaman tanaman buah tersebut merupakan wujud kepedulian pemerintah bersama perusahaan dalam hal ini PT. Jhonlin Agromandiri selaku panitia penyelenggara terhadap kelestarian dan ekosistem alam yang berada disekitar pondok pesantren Al-Istiqomah.
Jhonlin Group, PT. Jhonlin Agromandiri, Hari Bhakti  Rimbawan 2014, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isam
Jhonlin Group, PT. Jhonlin Agromandiri, Hari Bhakti  Rimbawan 2014, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isam Sebelum pelaksanaan penanaman dilakukan terlebih dahulu dilakukan penyerahan bantuan peralatan masjid dan uang tunai kepada Pimpinan Pondok Pesantren Al-Istiqomah kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Tanah Bumbu yang dilanjutkan dengan penanaman tanaman buah oleh masing-masing instansi dan perusahaan yang mengikuti kegiatan Back To Camp 2014.
Menurut Hanif Faisol Nurafiq, “Momentum Hari Bhakti Rimbawan sangat tepat apabila digunakan untuk melakukan introspeksi atas apa yang telah dilakukan di masa lampau, saat ini dan masa yang akan datang. Hal ini penting karena kita akan mengetahui sejauh mana keberadaan Rimbawan dalam proses pembangunan Nasional sehingga dampak outcome dapat dirasakan masyarakat, salah satunya dengan melakukan dari hal terkecil di lingkungan sekitar seperti penanaman yang dilakukan di area pondok pesantren ini. Sekitar 50 batang jenis bibit yang ditanam seperti tanaman buah lokal misalkan Durian, Sirsak dan lain-lainnya.”

Jhonlin Group, PT. Jhonlin Agromandiri, Hari Bhakti  Rimbawan 2014, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isam Dikesempatan yang sama, Camat Mantewe mengungkapkan “Terima kasih atas bantuannya, semoga apa yang diberikan dapat bermanfaat dan dijaga dengan sebaik-baiknya. Dari kegiatan ini kita bisa mengambil pelajaran bagaimana mengembalikan jiwa korsa Rimbawan serta meningkatkan kepeduliaan terhadap sesama.” Ditemui usai pelaksanaan penanaman, Pimpinan Ponpes Al-Istiqomah, Ustad Fahri juga meyampaikan harapannya “Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan dan kalau perlu melibatkan perusahaan lainnya, karena dapat mempererat silahturahim antar masyarakat dan perusahaan khususnya kami di Pondok Pesantren Al-Istiqomah. Terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh PT. Jhonlin Agromandiri, bantuan ini akan kami manfaatkan dan kami jaga dengan sebaik-baiknya.”

Hal senada juga dikatakan Agus Lianoor, Ketua Panitia pelaksana “Pelaksanaan Back To Camp kali ini tidak hanya kami lakukan dalam bentuk olahraga, ini tidak sekedar ajang untuk berkumpul dan berolahraga tapi merupakan bentuk kerjasama pemerintah dan swasta untuk membangun kehutanan dimasa mendatang. Disamping itu pemberian bantuan sosial ke Pondok Pesantren Al-Istiqomah merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap dunia pendidikan. Sementara untuk pelaksanaan penanaman di area pesantren merupakan kerjasama PT. Jhonlin Agromandiri dan Dishutbun Tanah Bumbu yang menjadi bagian dari acara Back To Camp tahun 2014.”

Apa Kata Mereka ?
Berikut beberapa pendapat terkait pelaksanaan Back To Camp Rimbawan Tahun 2014 yang digelar oleh PT. Jhonlin Agromandiri.

Jhonlin Group, PT. Jhonlin Agromandiri, Hari Bhakti  Rimbawan 2014, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isam Hanif Faisol Nurafiq
Kepala Dinas Kehutanan & Perkebunan Tanah Bumbu
Pada prinsipnya kegiatan ini untuk membangun solidaritas antar pemerintah dan perusahaanperusahaan. Untuk memeriahkan kegiatan ini panitia juga mengundang Dishutbun Kotabaru dan Hulu Sungai Selatan. Tahun ini lebih meriah dari tahun sebelumnya, mudah-mudahan melalui kegiatan ini terjalain silahturahim yang kental serta mengembalikan kembali jiwa korsa Rimbawan dan Rimbawati.

Jhonlin Group, PT. Jhonlin Agromandiri, Hari Bhakti  Rimbawan 2014, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isam Fatimatuh Zahra
Kepala Dinas Kehutanan Hulu Sungai Selatan
Kegiatan Back To Camp ini sangat menarik, dengan kegiatan ini para Rimbawan maupun Rimbawati dapat berkumpul dan mengingatkan kalau kita adalah Rimbawan dan Rimbawati Indonesia. Kami berharap ini dapat dilaksanakan setiap tahun dengan skala yang lebih besar, karena ini merupakan momentum yang sangat baik, dimana kita bisa saling mengenal dan mempererat silahturahim serta kembali mengingatkan kita akan fungsi hutan kita dan bersama-sama melestarikannya.

Jhonlin Group, PT. Jhonlin Agromandiri, Hari Bhakti  Rimbawan 2014, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isam Iptu Apriyansyah
Kapolsek Mantewe
Rimbawan ini sangat baik, karena menyangkut jiwa korsa dan juga saling membangun ditambah lagi dengan pelaksanaan bakti sosialnya. Dengan adanya kegiatan ini dapat membangkitkan jiwa korsa dan bersama-sama bergotong royong dimana berat sama dijinjing ringan sama dipikul. Mudah-mudah kegiatan seperti ini berkelanjutan kalau perlu melibatkan masyarakat sekitar sehingga terbangun interkasi yang baik serta silahturahim dengan warga sekitar.

Jhonlin Group, PT. Jhonlin Agromandiri, Hari Bhakti  Rimbawan 2014, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isam Ron Haden, S.Hut, M.P
Manager HR PT. Inni Joa
Secara keseluruhan acara dilaksanakan dengan baik. Acara ini makin mempereat keakraban kita sebagai rimbawan dan rimbawati . Kalau pemerintah dan perusahaan dapat bersatu ini merupakan kekuatan yang sangat besar untuk kehutanan dimasa mendatang. Ini tidak sekedar ajang untuk berkumpul dan berolahraga tapi merupakan bentuk kerjasama pemerintah dan swasta untuk membangun kehutanan dimasa
mendatang. Hari Bhakti Rimbawan memang oke.

Jhonlin Group, PT. Jhonlin Agromandiri, Hari Bhakti  Rimbawan 2014, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isam Ustad Fahri
Pimpinan Pondok Pesantren Al-Istiqomah Mantewe
Terima kasih atas bantuan dari PT. Jhonlin Agromandiri, ini sangat bermanfaat bagi kami. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan dan ini dapat memotivasi anak-anak kami untuk bisa berprestasi. Karena penting bagi mereka mengenal mengenai bagaimana mengelola lingkungan dengan baik sehingga bermanfaat dimasa depan. Apa yang telah diberikan ini akan kami jaga dan manfaatkan dengan sebaik baiknya.

Baca juga :

Info Lowongan Kerja Terbaru PT. Jhonlin Baratama

Training Service Execelent PT. Jhonlin Sasangga Banua

Jhonlin Group Dukung Atlit Tanah Bumbu Ikuti Kejuaraan

Jhonlin Group Berpartisipasi Pelaksanaan MTQ Nasional Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan

Bantuan Renovasi sekolah SMK Kodeco Simpang Empat Jhonlin Group

Partisipasi Jhonlin Group Pelaksanaan MTQ Ke XI Kecamatan Simpang empat Tahun 2014

Bantuan Dana Berprestasi Murid Sekolah Ditanah Bumbu Oleh Jhonlin Group