Program Pelatihan Internal Dan Eksternal PT. Dua Samudera Perkasa

Program people development mengacu kepada perubahan organisasi yang dinamis dan kesempatan karir yang terbuka pada tiap-tiap bagian, prioritas pertama akan diutamakan promosi dari dalam untuk posisi-posisi di site operasional, kecuali memang dari dalam tidak tersedia manpower yang sesuai dengan kompetensi dan keahlian yang dicari. Program people development pun selalu memberikan nuansa dan semangat baru bagi karyawan PT. DSP karena proses promosi, rotasi dan mutasipun selalu dijalankan.
Jhonlin Group, PT. Dua Samudera Perkasa, People Development, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, In house training, h isam Dalam kurun waktu 3 bulan terakhir ini, di beberapa departemen telah dilakukan program promosi seperti di departemen Plant, HRGA dan Operational site, SHE dan FAT dept. Sedangkan untuk program mutasi antar perusahaan sudah dilakukan dengan adanya mutasi 13 orang karyawan PT. DSP yang sekarang bekerja untuk perusahaan baru di PT. Rian Pratama Mandiri (PT. RPM), dan ini membuktikan bahwa PT. DSP mampu menjawab tantangan perubahan dan kebutuhan organisasi baik didalam maupun diluar PT. DSP dan Group Jhonlin.

Perencanaan karir akan terus dibangun di tahun 2014 ini dan tentunya implementasi yang lebih baik lagi akan dilakukan di tahun 2015 dengan tidak menghilangkan pemenuhan kesempatan berkarir dari dalam organisasi PT. DSP terlebih dahulu, tentunya sangat bijak kalau kita mengutamakan pengembangan karyawan (People Development) dari dalam organisasi PT. DSP sebelum dibuka kesempatan dari luar unit
PT. DSP. Kebijakan, SOP dan aturan yang lebih baik akan terus ditinjau dan dilakukan perubahan jika diperlukan demi untuk menunjang program pengembangan karyawan ditahun-tahun berikutnya.

Program Pelatihan Internal Dan Eksternal PT. Dua Samudera Perkasa

Jhonlin Group, PT. Dua Samudera Perkasa, People Development, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, In house training, h isam Sesuai dengan amanat yang tertuang dalam salah satu butir dari Misi PT. DSP yaitu “Menjadikan SDM yang kompeten, handal dan berperilaku luhur”, dimana peningkatan kompetensi salah satunya melalui program pengembangan karyawan melalui pelatihan dan pengembangan skill dan knowledge (kemampuan dan pengetahuan) pada tahun 2014 ini dimana departemen HRGA telah merumuskan langkah-langkah perencanaan dan implementasi kongkrit sesuai dengan kompetensi dari masingmasing karyawan di Departemen terkait di PT. DSP yang telah
ditetapkan melalui program pengembangan profesi melalui program pelatihan internal dan eksternal.

Jhonlin Group, PT. Dua Samudera Perkasa, People Development, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, In house training, h isam Adapun target pencapaian performa kerja melalui Pelatihan internal dan eksternal ini adalah minimal 50% pencapaian sampai dengan akhir tahun 2014 nanti. Adapun program pelatihan internal dan eksternal ini diperuntukan untuk seluruh karyawan PT. DSP baik dari Non staff mulai dari Checker, Washing Man, sampai dengan para driver dan Operator dan termasuk golongan karyawan Staff, melalui pelatihan pengembangan profesi yang telah mengirimkan karyawannya ke berbagai provider pelatihan di Banjarmasin, Jakarta, Yogjakarta dan lainnya yang kesemuanya ini tertuang dalam perencanaan dari masing-masing departemen terkait dan diimplementasikan oleh depar temen HRGA sebagai mediator dalam pelaksanaannya.

Jhonlin Group, PT. Dua Samudera Perkasa, People Development, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, In house training, h isam
Jhonlin Group, PT. Dua Samudera Perkasa, People Development, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, In house training, h isam Program pelatihan eksternal dan internal ini pun tidak berhenti disitu, melalui evaluasi pelatihan akan dibuat summary dari pelatihan ini sesuai dengan SOP yang berlaku yang diharapkan akan bisa dijadikan acuan dan patokan dalam salah satunya pencapaian kompetensi dari masing-masing bagian dan jabatan yang ada di PT. DSP. Kendala biaya dan budget pelatihan yang terbatas sehingga pada tahun 2014 ini akan dikolaborasikan dengan program In House Training yang mana peserta dan trainer (pemberi materi) dari karyawan sendiri atau management yang telah ditunjuk dan program ini akan dilaksanakan baru pada kuartal kedua (April–Juni) 2014, salah satunya adalah proyeksi pengembangan pengetahuan dan kemampuan dalam bidang Leaderhsip program untuk para Foreman keatas, yang diharapkan dengan biaya yang seminal mungkin akan mendapatkan hasil yang lebih besar lagi.

Jhonlin Group, PT. Dua Samudera Perkasa, People Development, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, In house training, h isam Program pelatihan internal dan eksternal ini untuk kuartal triwulan pertama (Jan – Maret) 2014:
1. Pelatihan Internal :
a. Program Pengembangan Operator Wheel Loader, untuk unit CAT 966H, WA 500-3, Volvo L220E
b. Program Pengembangan Operator Excavator
c. Program Pengembangan Operator Crane
d. Program Pengembangan Driver Dump Truck Hino FM 260 dan DT Hino 700 untuk proyek peti kemas pada khususnya
e. Pengoperasian unit excavator doosan S500LCV dan DX 340 LCA
f. Program Pengembangan para Checker, Driver Water Truck, Washing Man, Operator Produksi dan lainnya untuk dapat dikembangkan menjadi tenaga kerja yang mempunyai keahlian khusus menjadi Driver DT dan Operator unit alat berat.
g. Program Pengembangan karyawan Non Staff menjadi Karyawan Staff yang secara bertahap terus dikembangkan sehingga program promosi, rotasi dan mutasipun akan terbuka lebar dan tentunya akan membawa nuansa segar dan lebih dinamis di dalam pengelolaan SDM yang handal dan kompeten sesuai yang diamanatkan dalam Visi Misi PT. DSP.

Adapun pencapaian pelatihan eksternal ini sudah mencapai angka 21,05% selama bulan Januari memasuki awal bulan april 2014 ini, dengan slogan “Melalui peningkatan kemampuan dan pengetahuan akan tercipta karyawan yang berkualitas dan ahli dibidangnya” yang mudah diingat dan dipahami oleh semua karyawan, maka kami akan berusaha untuk lebih baik lagi dari sebelumnya.

2. Pelatihan Eksternal
Sama halnya dengan program pelatihan internal, program pelatihan eksternal ini lebih fokus kepada peningkatan kualitas karyawan melalui peningkatan kompetensi dan pengetahuan bagi karyawan khusunya karyawan staff, dimana program ini lebih diutamakan dalam program
workshop, seminar, sertifikasi dan peningkatan keahlian khusus dan program pengembangan lainnya. Program pelatihan eksternal ini diharapkan akan lebih meningkatan kompetensi dan pengetahuan karyawan sehingga karyawan yang sudah mengikuti program pelatihan ini akan membawa segudang ide dan pemikiran baru bagi kemajuan dimasing-masing departemen terkait dan khususnya untuk kemajuan perusahaan melalui implementasi dan aplikasi nyata dibidang pekerjaan masingmasing.

Dalam pelaksanaannya hampir sama dengan program pelatihan internal dimana pencapaian target yang dicanangkan sesuai dengan sasaran mutu dan target departemen HR & GA melalui target pencapaian performa kerja melalui Pelatihan internal dan eksternal ini adalah minimal 50% pencapaian sampai dengan akhir tahun 2014 nanti.

Program yang sudah berjalan di kuartal triwulan pertama (Januari-Maret) dan memasuki kuartal kedua di awal bulan april 2014 ini adalah seperti :
1. Pengembangan program Supervisory Skill
2. How to Manage & Motivate an Excellent
3. Basic Accounting knowledge for Business
4. PPh Withholding tax
5. Effective Leadership
6. General Affairs Program
7. Company Strategic Planning
8. Empowering your self
9. Comprehensive Industrial relations
10. PA with KPI
11. Warehouse Management

Disamping hal tersebut diatas adanya pembentukan team FRT / ERT (Fire Rescue Team/Emergency Respon Team) yang beranggotakan dari gabungan karyawan pilihan dari Group Jhonlin, dimana sekitar 14 orang karyawan PT. DSP sudah resmi menjadi anggota FRT / ERT yang sekarang memasuki program pelatihan. Adapun pencapaian pelatihan eksternal ini sudah mencapai angka 19,87% selama bulan Januari memasuki awal bulan April 2014 ini.

Baca juga :

Info Lowongan Kerja Terbaru PT. Jhonlin Baratama

Training Service Execelent PT. Jhonlin Sasangga Banua

Jhonlin Group Dukung Atlit Tanah Bumbu Ikuti Kejuaraan

Jhonlin Group Berpartisipasi Pelaksanaan MTQ Nasional Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan

Bantuan Renovasi sekolah SMK Kodeco Simpang Empat Jhonlin Group

Partisipasi Jhonlin Group Pelaksanaan MTQ Ke XI Kecamatan Simpang empat Tahun 2014

Bantuan Dana Berprestasi Murid Sekolah Ditanah Bumbu Oleh Jhonlin Group