Prinsip-Prinsip Kesehatan Kerja Agar Terhindar Dari Berbagai Gangguan Kesehatan

Setiap orang yang bekerja memiliki risiko penyakit yang akan di timbulkan dari masing-masing pekerjaannya, dari pekerjaan informal sampai pekerjaan formal. Pekerjaan informal adalah pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan tidak dalam naungan suatu badan yang berizin, seperti petani, ibu rumah tangga, nelayan dan lain-lain. Sedangkan pekerjaan formal adalah pekerjaan yang dilakukan dalam naungan badan yang berizin seperti pertambangan, manufaktur dan lain-lain.

Jhonlin Group, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, SHE, Healthy Life, h isam

Masing-masing mempunyai risiko Penyakit Akibat Kerja (PAK) dan berikut tipsnya :
Jhonlin Group, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, SHE, Healthy Life, h isamSelain tips diatas terdapat prinsip-prinsip umum agar terhindar dari gangguan kesehatan adalah:

1. Istirahat yang cukup
Gunakan waktu istirahat untuk tidur malam minimal 6 jam sampai 8 jam. Jika dapat tidur siang, maka tidur siang selama 30 menit mempunyai nilai yang sama dengan 1 jam tidur malam. Namun apabila tidur siang melebihi 1 jam maka akibatnya akan mengalami kelelahan karena penurunan metabolisme.

2. Nutrisi yang cukup
Energi sangat dibutuhkan oleh kita sebagai manusia, energi diperlukan untuk gerak, tanpa energi maka manusia tidak mampu bergerak. Untuk memenuhi kebutuhan energi terutama bagi pekerja pemenuhan gizi pekerja tambang masuk ke kategori kerja sedang yang membutuhkan kalori 3000 per harinya. adapun kecukupan gizi nya dengan proporsi :
– Karbohidrat (nasi) 50-65%
– Protein (ikan, telur, daging) 10-20 %
– Lemak 20-30%

3. Air putih yang cukup
70 persen komposisi tubuh manusia adalah air, maka konsumsi air putih sangat bagus untuk menjaga kesegaran tubuh dan mencegah dehidrasi, untuk dewasa normal sangat bagus mengkonsumsi air putih 8-10 gelas perhari. Apabila pekerja berat atau cuaca panas maka dapat ditingkatkan namun tidak perlu berlebih konsumsi air putih melebihi 3,5 liter karena akan memperberat kinerja ginjal dan jantung.

4. Manajemen emosi
Stress adalah faktor pemicu penyakit yang sangat banyak, dari kelelahan sampai gangguan psikosomatik seperti jantung berdebar sampai nyeri maag. Stress dapat menjadi baik apabila kita dapat menanganinya. Berpikir positif dan selalu bahagia dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh kita.

5. Bekerja secara ergonomis
Bekerja secara aman dan nyaman akan membantuh tubuh untuk terus produktif, cari posisi yang nyaman dalam bekerja dan aman sehingga pekerjaan tidak terganggu dan kesehatan anda tidak terganggu.

Mekanisme Berobat Diseluruh Klinik Jhonlin Group :
Jhonlin Group, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, SHE, Healthy Life, h isamPada dasarnya seluruh klinik yang ada di unit usaha Jhonlin Group seperti di PT. Jhonlin Baratama Site Sungai Dua dan Site Sungai Danau dikelola oleh Health Jhonlin Group, baik dari tenaga Medis dan Paramedis beserta sistem management nya.

Klinik Jhonlin Group terdapat 3 tempat:
1. Jhonlin Group
2. PT. Jhonlin Baratama Site Sungai Dua
3. PT. Jhonlin Baratama Site Sungai Danau

Masing-masing klinik terdapat 1 dokter yang bertugas, di Jhonlin Group ada dr. Anwar, di Sungai Dua ada dr. Gusriyadi dan di Sungai Danau ada dr.Hendi, masing-masing di bantu tenaga paramedis dan terdapat obat-obatan, alat pemeriksa kesehatan serta ambulance yang standby. Untuk saat ini terdapat 1 unit ambulance yang standby di site sungai dua dan rencana 1 ambulance untuk standby di sungai danau yang masih dalam progress kelengkapannya.

Klinik Jhonlin Group dapat menerima seluruh karyawan yang bekerja di seluruh unit usaha Jhonlin Group seperti: PT.Jhonlin Baratama, PT. Dua Samudera Perkasa, PT. Jhonlin Marine Lines, PT. Jhonlin Marine Trans, PT. Batulicin Beton Aspalt, LK Jhonlin Lestari, PT. Jhonlin Sasangga Banua (JSS), dan rekan kerja lain yang bekerja di area unit usaha Jhonlin Group yang telah mengadakan kerja sama.

Baca juga :

Info Lowongan Kerja Terbaru PT. Jhonlin Baratama

Training Service Execelent PT. Jhonlin Sasangga Banua

Jhonlin Group Dukung Atlit Tanah Bumbu Ikuti Kejuaraan

Jhonlin Group Berpartisipasi Pelaksanaan MTQ Nasional Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan

Bantuan Renovasi sekolah SMK Kodeco Simpang Empat Jhonlin Group

Partisipasi Jhonlin Group Pelaksanaan MTQ Ke XI Kecamatan Simpang empat Tahun 2014

Bantuan Dana Berprestasi Murid Sekolah Ditanah Bumbu Oleh Jhonlin Group