Rekam Jejak Prestisius PT. Dua Samudera Perkasa

Sejak berdirinya di tahun 2007, PT. Dua Samudera Perkasa (PT. DSP) terus melakukan upaya peningkatan kinerja perusahaan. Rekam jejak pertumbuhan PT. DSP tergambar jelas dalam ragam pengembangan yang telah dilakukan dalam kurun waktu 8 tahun sejak berdirinya PT. DSP.

Jhonlin Group, Kalimantan selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, PT. Dua Samudera Perkasa, Info Lowongan Kerja, h isam
PT. DSP adalah perusahaan jasa pelabuhan batubara dan biji besi yang memiliki 2 lokasi kerja, di Port Sungai Dua dan Port Kodeco. Dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada klien, PT. DSP menyediakan 5 Jetty untuk Port Sungai Dua dengan kapasitas Stock Pile 150.000 MT hingga 200.000 MT, sementara untuk fasilitas di Port Kodeco dilengkapi dengan 3 Jetty dengan kapasitas Stock Pile 50.000 MT. Kedua pelabuhan PT. DSP dikelola oleh sumber daya manusia yang professional dan manajemen yang handal dibidangnya. Dalam pengoperasian-nya, PT. DSP didukung oleh teknologi dan alat terkini, mulai dari unit operasional Crusher dan Loading Conveyor hingga standar manajemen mutu perusahaan.

Jhonlin Group, Kalimantan selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, PT. Dua Samudera Perkasa, Info Lowongan Kerja, h isam
Visi besar untuk menjadikan PT. DSP sebagai perusahaan jasa pelabuhan yang prima, ter-integrasi dan mampu memberikan kontribusi ekonomis yang optimal terhadap pertumbuhan dan pendapatan perusahaan telah menjadi fokus manajemen PT. DSP, dimulai dengan menanamkan kepada seluruh karyawan PT. DSP, nilai-nilai dasar dari perusahaan; Professionalisme, Kerja sama Tim, Inovasi, Kejujuran dan Integritas.

Dalam rentan waktu 2012 – 2013, PT. DSP telah melakukan berbagai inovasi dan pencapaian prestisius dalam pengembangan perusahaan. Untuk pengembangan di operasional kerja lapangan, PT. DSP melakukan upgrade Loading Conveyor, membangun Central Power beserta improvement di Departemen Plant, dan bekerja sama dengan perusahaan eksternal untuk melancarkan operasional Tug Boat dan Tongkang di pelabuhan dengan menyewa kapal keruk. PT. DSP menyewa 1 unit kapal keruk untuk melengkapi tongkang keruk PT. DSP yang saat ini telah beroperasi di pelabuhan, bekerja sama juga dengan PT. Jhonlin Marine Trans dalam operasionalnya. AG. Hartantono Direktur Utama PT. DSP mengungkapkan “Harapannya, kedalaman air di Jetty dapat dilalui oleh Tug Boat dan Tongkang tanpa harus menunggu pasang surutnya air seperti kondisi saat ini, sehingga setiap saat Tongkang bisa keluar dan masuk ke Pelabuhan Sungai Dua”. Secara manajerial, PT. DSP melakukan inovasi dalam standarisasi mutu manajemen, dengan melakukan efisiensi fuel index dan menerapkan Standar Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008.

Efisiensi Fuel/BBM PT. Dua Samudera Perkasa

PT. Dua Samudera Perkasa melakukan efisiensi dalam penggunaan bahan bakar yang didominasi penggunaannya oleh Departemen Operasional dalam pengoperasian unit kerja Heavy Equipment dan kebutuhan fuel untuk support operasional. Mayall Bahar, Supt. Logistic Dept. PT. DSP mengungkapkan “Di tahun 2013 kebutuhan fuel PT. DSP untuk pemakaian unit di beberapa area kerja PT. DSP mengalami penurunan cukup signifikan sekitar 12% dari tahun sebelumnya. Menurunnya kebutuhan fuel di tahun 2013 ini merupakan hasil dari upaya efisiensi bahan bakar atau fuel supply reduce yang dilakukan oleh PT. Dua Samudera Perkasa dalam melaksanakan kegiatan operasionalnya”. Beberapa poin penting proses fuel supply reduce yang dilakukan PT. Dua Samudera Perkasa adalah:

1. Pembangunan Power Synchrone yang berfungsi untuk menggabungkan beberapa input genset dan mendistribusikan output genset sesuai kebutuhan, sehingga dapat dilakukan efisiensi pemakaian fuel.
2. Peningkatan performa dan efisiensi Crusher dan Conveyor Loading untuk mengurangi Loading Manual.
3. Perawatan rutin terhadap Heavy Equipment dan Engine Genset operasional.
4. Peremajaan (replacement) alat berat dan dump truck yang berusia diatas 3 tahun.
5. Pembatasan kendaraan LV keluar dari area port

Central Power Genset Site Sungai Dua PT. Dua Samudera Perkasa

Jhonlin Group, Kalimantan selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, PT. Dua Samudera Perkasa, Info Lowongan Kerja, h isam
Kebutuhan tenaga listrik di masing-masing unit Crusher dan conveyor loading PT. DSP adalah mutlak dibutuhkan, untuk memaksimalkan kinerja dari Crusher. Masing-masing Crusher dibekali dengan 1 unit genset per-Crusher. Namun mulai tahun 2013, PT. DSP telah membangun Central Power untuk mengatur penggunaaan genset di Crusher. Seperti yang diungkapkan oleh Sumarsana, Manager Plant “Central Power Genset ini dibangun sebagai bentuk improvment dalam hal efisiensi pemakaian Fuel/solar. Dengan adanya Central Power Genset maka daya listrik yang dihasilkan dari semua genset dizynchronize-kan sehingga daya terkumpul menjadi satu kemudian listrik dialirkan hanya dari satu output saja dan selanjutnya di distribusikan ke semua bagian yang memerlukan daya listrik,” Ditambahkannya “Dengan adanya Central Power Genset ini pemakaian genset bisa diatur sesuai kebutuhan daya listrik agar pemakaian bahan bakar bisa terkendali. Disinilah letak efisiensinya dibandingkan jika genset dipasang manual di setiap crusher . Selain efisiensi dalam pemakaian bahan bakar, pembangunan central power genset ini juga sekaligus mencegah dan meminimalisir pencemaran lingkungan, dalam hal ini PT. Dua Samudera Perkasa sangat concern terhadap pencegahan pencemaran lingkungan di area operasional perusahaan” ungkapnya.

Improvement Plant PT. Dua Samudera Perkasa

Jhonlin Group, Kalimantan selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, PT. Dua Samudera Perkasa, Info Lowongan Kerja, h isam
Departemen Plant PT. DSP melakukan berbagai improvement dalam mendukung operasional PT. DSP. Seperti yang disampaikan oleh Sumarsana, “Kami membuat Washing Pad untuk pencucian unit, saat ini masih dalam proses pembangunannya. Kedepannya nanti, semua unit khususnya alat berat bisa dicuci disana, hal ini akan mempermudah proses inspeksi dan repair terhadap unit tersebut”.

Jhonlin Group, Kalimantan selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, PT. Dua Samudera Perkasa, Info Lowongan Kerja, h isam
Beberapa point penting lainnya improvement Plant PT. DSP dijabarkan oleh Sumarsana dalam beberapa items pekerjaan:
1. Pembuatan Workshop untul Fabrikasi Welding (on progress)
2. Pembuatan oil and battere storage . Hal ini untuk mencegah adanya pencemaran lingkungan yang di akibatkan oleh limbah B3
3. Pemindahan tools room ke area workshop. Hal ini untuk memudahkan mekanik dalam penggunaan tool. (on progress)
4. Pembuatan area overhaul dan penyediaan tenaga mekanik spesialis overhaul (on progress)
5. Pelaksanaan mentor bagi mekanik . (on progress)
6. Pemenuhan sarana dan prasana kerja, seperti bangku kerja dan keranjang komponen sehingga mekanik dalam operasionnya dapat bekerja lebih rapid an teratur.
7. Pembangunan tempat ibadah dan meeting di mobile dan fixed plant
8. Program replacement alat yang sudah book value yaitu 5 WA 500, 3 Excavator dan 6 Dump Truck serta 5 LV untuk mendukung operasional PT DSP.
9. Upgrade pembangunan Crusher dan conveyor loading di jetty 2 kapasitas 1000 MT (sudah beroperasi)
10. Penambahan daya genset 500 KVA (sychronize dalam proses) guna mendukung beroperasinya Crusher dan Conveyor Loading di Jetty 2

Departement Plant PT. DSP pula melakukan Upgrading terhadap Conveyor Loading di pelabuhan Site Sungai Dua, Conveyor Loading di Jetty 4 di upgrade dari model swing menjadi fixed swing, menurut Sumarsana hal ini dilakukan berdasarkan hasil analisa teknik, “Model swing membutuhkan daya yang lebih besar karena harus ada motor untuk swing nya, selain itu maintenance nya lebih banyak dan lebih sulit, dan yang paling penting adalah karena model swing tidak efisien dalam hal produktifitas pengisian Barging. Upgrading Conveyor Loading Jetty 4 ini memakan waktu hanya 1,5 bulan” ungkapnya.

Sumarsana pula menerangkan berbagai program Dept. Plant yang dilakukan secara berkelanjutan, seperti;
1. Program mentoring untuk mekanik agar skill dan knowledge semakin meningkat
2. Program washing equipment harus segera berjalan
3. Program daily inspeksi unit
4. Program overhaul dan specialisasi mekanik overhaul
5. Pemasangan kapasitor bank di panel terjauh untuk menstabilkan daya listrik terpakai
6. Program training untuk staff dan mekanik
7. Pembangunan workshop fabrikasi

“Kami berharap program-program Dept. Plant mendapat dukungan dari pihak terkait sehingga dapat berjalan dengan lancar. Semua program-program tersebut tentunya sejalan dengan misi visi kami, yaitu men-support operasional secara penuh dalam mencapai Company Goals”. Ujar Sumarsana.

General Affairs and Facility  PT. Dua Samudera Perkasa

Jhonlin Group, Kalimantan selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, PT. Dua Samudera Perkasa, Info Lowongan Kerja, h isam
Operasional utama PT. DSP tidak bisa berdiri sendiri dalam mencapai target operasional, dibutuhkan dukungan dari Departemen Support, salah satunya dukungan dari Departemen HR&GA, seperti yang diungkapkan Jejen M. Syarief Manager HR&GA PT. DSP “HR&GA Dept.merupakan Departemen support operasional dan sebagai penunjang dari kesuksesan dari setiap kegiatan operasional perusahaan, maka GA dan Facility PT. DSP yang berada dibawah naungan Departement HR & GA turut serta berbenah dan melakukan improvement”, Dept. HR&GA PT. DSP melakukan pembenahan, diantaranya;

1. Fasilitas dan kebersihan kantor
2. Penyediaan ATK, sarana photo copy dan sarana komunikasi HT di lapangan
3. Fasilitas transportasi bis karyawan
4. Pengelolaan makan dan minum karyawan
5. Penyediaan sarana umum, seperti sarana ibadah, ketersediaan air bersih, toilet dan lingkungan yang nyaman, bersih dan aman
6. Pengelolaan sampah dan pembuangan sampah akhir serta kebersihan lingkungan didalam dan luar kantor, termasuk kebersihan taman dan lingkungan.
7. Pelayanan yang maksimal dari para Office Boy dan Driver
8. Penyediaan kotak saran dan survey kepuasan yang selalu dievaluasi dan diadakan perbaikan
9. Pengelolaan dan perencanaan building maintenance dan pekerjaan projek lainnya yang menjadi tanggung jawab HR & GA Dept.
10. Pengelolaan asset management yang terdata, terkontrol dan selalu diadakan pembaharuan data base asset perusahaan.
11. Pengelolaan unit LV dan pengaturan jadwal terkait service berkala, pengontrolan penggunaan dan distribusinya
12. Dan dukungan pekerjaan lainnya dibawah tanggung jawab GA dan facility.

Menurut Jejen “upaya perbaikan pelayanan akan terus ditingkatkan demi tercapainya tujuan pelayanan dan dukungan dari setiap kegiatan usaha di PT. DSP melalui peningkatan mutu dan kualitas pelayanan yang prima untuk kemajuan dan kelancaran setiap proses bisnis perusahaan”.

Apa Kata Mereka ?
Pendapat dari beberapa karyawan tentang improvement dan harapan PT. Dua Samudera Perkasa

Jhonlin Group, Kalimantan selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, PT. Dua Samudera Perkasa, Info Lowongan Kerja, h isam
Gendis Prita Novin Sakti Widana, Superintendent Support Operation PT. DSP

Apa harapan dan Improvement yang dilakukan oleh Port Control Room?
Sesuai dengan misi dari PT. DSP menyediakan fungsi-fungsi operasional dan mendukung keputusan manajemen dengan menyediakan informasi yang dapat digunakan oleh pembuat keputusan untuk merencanakan dan mengontrol kegiatan operasional. Kami bersyukur di Jhonlin Group ada dashboard managemen, dengan dashboard tersebut kami berharap kedepannya para Direksi hanya dengan melihat di dashboard maka Direksi akan mengerti keadaan dan kondisi di pelabuhan tanpa datang ke lapangan. Saat ini kami sedang mengolah desain report untuk aktivitas yang nantinya akan update per jam. Untuk improvement-nya selain pembuatan report aktivitas yang akan kami update perjamnya, kami juga berencana lebih detil lagi untuk pemecahan cost centre, jadi kedepan kita bisa tahu berapa cost per-barge maupun per-jetty.

Jhonlin Group, Kalimantan selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, PT. Dua Samudera Perkasa, Info Lowongan Kerja, h isam
Kaspar, Superintendent Mobile Plant PT. Dua Samudera Perkasa

Apakah ada perbedaan dengan adanya sistem Central Power dengan sistem masingmasing unit crusher?

Unit Crusher :
1. Genzet terpisah-pisah sehingga untuk pengecekan dan control sedikit ada kendala trouble/problem.
2. Pemborosan BBM karena masing-masing Genzet punya Fuel Tank sendiri.
3. Sparepart Cost-nya tinggi

Central Power :
1. Genzet tidak perlu jalan semua dalam arti bisa bergantian
2. Pengawasan dan control-nya mudah
3. Inspeksi berkala berjalan dengan lancar karena Genzet jadi satu dan operator standbay disatu tempat saja, tinggal bagaimana pengawas/Foreman untuk melakukan follow up ke Operator Genzet.

Jhonlin Group, Kalimantan selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, PT. Dua Samudera Perkasa, Info Lowongan Kerja, h isam
Ali Aris, Superintendent FOT & GA PT. Dua Samudera Perkasa

Harapan dan Improvement apa yang dilakukan oleh FOT & GA PT. DSP?
Dengan program training yang diberikan oleh trainer yang mempunyai skill dan knowlegde yang baik kepada operator atau driver alat berat (heavy equipment) serta dump truck dan support equipment lainnya diharapkan semua alat-alat tersebut dapat beroperasi dengan lancar, efektif dan efisien. semua dapat terlaksana apabila didukung oleh para operator atau driver yang mengoperasikan alat tersebut yang mempunyai skill dan knowlegde yang baik dan rasa tanggung jawab yang tinggi hal itulah yang dilakukan oleh HR&GA dengan memberikan pelatihan kepada mereka secara berkesinambungan baik teori maupun praktek.

Jhonlin Group, Kalimantan selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, PT. Dua Samudera Perkasa, Info Lowongan Kerja, h isam
Harbiani, Superintendent Fixed Plant PT. DSP

Harapan dan improvement apa yang dilakukan oleh Fixed Plant PT. Dua Samudera Perkasa?
Harapan Fixed Plant,dengan perkembangan teknologi yang serba canggih, kedepannya diharapkan setiap Control Room terpasang layar monitor (CCTV) terutama dibagian yang susah dipantau Operator Panel. “Membiasakan Yang Baik Bukan Mebiasakan Yang Sudah Biasa”. Pribahasa mengatakan “Biar Lambat Asal Selamat” Pola berpikir inilah yang harus kita rubah dengan Teamwork solid kita bisa dapatkan, “Cepat Tepat Efesien” Cepat Produksinya, tepat waktunya dan efesien cost-nya.

Jhonlin Group, Kalimantan selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, PT. Dua Samudera Perkasa, Info Lowongan Kerja, h isam
Mayall Bahar, Superintendent Logistik PT. DSP

Harapan dan target ke depan nya tentang fuel di PT. Dua Samudera Perkasa?
Sebagai pengelola inventory harapan kami selalu dapat melayani semua user dalam kebutuhan operasional adapun target ke depan ialah terpenuhinya kebutuhan operasional dengan parameter inventory turn over yang wajar sehingga dapat merefleksikan cash flow dan inventory yang baik untuk perusahaan.

Jhonlin Group, Kalimantan selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, PT. Dua Samudera Perkasa, Info Lowongan Kerja, h isam
Djemali, Superintendent Port PT. Dua Samudera Perkasa

Harapan dan improvement apa yang dilakukan oleh Port Dept. PT. Dua Samudera Perkasa?
Sebagai Pelaksana operasi di lapangan apa yang sudah dilakukan oleh management PT. DSP sangat membantu team port operation untuk dapat melakukan pekerjaan kami dengan cepat, efektif dan efisien. Sebagai contoh dengan telah dilengkapi pemasangan conveyor loading di jetty 2, serta peremajaan alat berat seperti wheel loader, dump truck dan excavator. Harapan saya target yang sudah ditentukan oleh management dapat terlaksanan apabila semua bagian baik port operation dan bagian lainnya dapat saling support dan bekerjasama untuk mencapai target tersebut dan hal inilah yang menjadi kekuatan PT. DSP.

Baca juga :

Info Lowongan Kerja Terbaru PT. Jhonlin Baratama

Jhonlin Group Dukung Atlit Tanah Bumbu Ikuti Kejuaraan

Jhonlin Group Berpartisipasi Pelaksanaan MTQ Nasional Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan

Bantuan Renovasi sekolah SMK Kodeco Simpang Empat Jhonlin Group

Partisipasi Jhonlin Group Pelaksanaan MTQ Ke XI Kecamatan Simpang empat Tahun 2014

Bantuan Dana Berprestasi Murid Sekolah Ditanah Bumbu Oleh Jhonlin Group

Advertisements