Pelatihan Dasar Corporate Journalist Jhonlin Group

Selama 2 hari mulai 26-27 April 2014 di ruang meeting Jhonlin Group dilaksanakan Pelatihan Dasar Corporate Journalist oleh Media Relation Jhonlin Group, sebanyak 30 peserta pelatihan berasal dari perwakilan masing-masing unit usaha Jhonlin Group.

Jhonlin Group, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, Pelatihan Dasar Jurnalistik, h isam Hari pertama materi teori diberikan oleh Hernawan SE Ketua PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Tanah Bumbu dan Emer Sueb contributor SCTV wilayah Tanah Bumbu, hari kedua sesi praktek tulis-menulis, diberikan oleh Drs. Fathurrahman Ketua PWI Kalimantan Selatan. Seluruh peserta diberikan materi mengenai Basic of Journalist meliputi Dasar-dasar Jurnalistik, Pengertian Jurnalistik, Penyusunan Informasi, Teknik Penulisan Berita, dan prinsip-prinsip dasar yang perlu diketahui dalam penulisan berita, seperti Struktur Naskah Berita, Etika Menulis Berita, hingga Kode Etik Jurnalis.

Mulyadi Group Corporate HR Jhonlin Group saat membuka pelaksanaan pelatihan mengungkapkan, “Semoga perwakilan masing-masing unit usaha dapat memberikan kontribusi berita dan memberikan materi atau informasi terkait kegiatan perusahaan masing-masing. Pelatihan ini dilaksanakan agar para peserta memiliki kemampuan dalam menuliskan informasi perusahaan dalam bentuk berita dan dapat memberikan informasi tentang kegiatan di unit usaha masing-masing untuk ditayangkan di media internal Jhonlin Group yakni JhonlinMagz”. Hal senada juga disampaikan oleh Richy Petroza S.IP dari Group Media Relation Jhonlin Group “JhonlinMagz merupakan wadah bagi perusahaan dalam penyampaian informasi tentang perusahaan, jika pemanfaatannya dimaksimalkanakan mendatangkan benefit bagi perusahaan, dan dengan adanya Corporate Journalist, maka informasi dari perusahaan dapat tersalurkan, sehingga manajemen, karyawan dan masyarakat sekitar perusahaan dan pihak terkait lainnya dapat mengetahui perkembangan perusahaan”.

Sebelumnya, belum pernah diadakan pelatihan jurnalistik oleh perusahaan swasta di kabupaten Tanah Bumbu. Jhonlin Group mempelopori kegiatan jurnalis di lingkungan perusahaan, pelatihan ini dapat menjadi contoh baik bagi perusahaan lain di Tanah Bumbu, seperti yang disampaikan oleh Hernawan SE seusai pelatihan hari pertama. Menurutnya lagi, wawasan tentang jurnalis dan kegiatan menulis akan memberikan dampak positif bagi karyawan dan perusahaan. Kepala Sekolah TK. Jhonlin Pertiwi Rini Yuliati Setiawati, salah satu peserta pelatihan terlihat bersemangat mengikuti pelatihan ini “Pelatihan jurnalis ini sesuatu yang baru dan sangat menyenangkan, walaupun berbeda dengan bidang yang saya tekuni saat ini, namun ini menjadi wawasan baru bagi saya”.

Di hari kedua antusias peserta meningkat, terlihat saat mereka berinteraksi dengan pemateri dan melakukan wawancara ke sesama peserta kemudian menuliskannya menjadi sebuah berita. Drs. Fathurrahman, Ketua PWI Kalimantan Selatan disela pelatihan mengatakan “Kami harapkan pelatihan ini memberikan pengetahuan dasar kepada para peserta, sekaligus memotivasi peserta untuk meningkatkan minat menulis dan berkontribusi di media internal perusahaan JhonlinMagz,”. Menurutnya “Menulis itu mudah, tapi menulis dengan benar itu sulit sehingga diperlukan keseriusan dalam melakukannya. Pada dasarnya menulis itu seperti bicara, jadi apa yang diceritakan semestinya dapat dituangkan ke dalam tulisan sehingga dapat menjadi informasi yang menarik dan edukatif. “Jadi saya harapkan semangat seperti hari ini terus berlanjut, sehingga apa yang menjadi tujuan pelatihan ini dapat terwujud”.