A.G Hartantono, Standar Manajemen Mutu ISO 9001:2008 Di PT. Dua Samudera Perkasa

PT. Dua Samudera Perkasa sebagai perusahaan yang memberikan jasa pelayanan pelabuhan semakin diperkuat dengan pencapaian standar manajemen mutu ISO 9001 : 2008. Secara berkala, PT. DSP melakukan internal audit dan eksternal audit guna menjaga kwalitas dari standar manajemen mutu ISO 9001 : 2008. PT. DSP juga secara konsisten menerapkan prinsip-prinsip manajemen mutu ISO 9001 : 2008 melalui evaluasi internal di committal meeting, yang dilakukan secara berkala mingguan dan bulanan untuk mendeteksi permasalahan operasional perusahaan, dan memperkuat koordinasi antar departemen agar berjalan dengan baik.

Jhonlin Group, PT. Dua Samudera Perkasa, Kalimantan selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, ISO 9001 : 2008Berikut bincang singkat JhonlinMagz bersama AG. Hartantono, Direktur Utama PT. Dua Samudera Perkasa, terkait Standar Manajemen Mutu ISO 9001:2008.

Bagaimana perkembangan Standar Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008 saat ini di PT. DSP?
Secara konsisten PT. DSP menerapkan prinsip-prinsip Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008, melalui Committal Meeting kami terus melakakuan evaluasi kegiatan perusahaan dan membanguna kerja sama dan koordinasi antar departemen, agar lebih solid. Begitu juga halnya dengan sistem aplikasi Ellipse, secara konsisten kami gunakan, agar data dapat disajikan dengan tepat dan akurat, sehingga manajemen dapat mengambil keputusan yang tepat, efektif dan efisien.

Pengaruh paling signifikan setelah PT. DSP menggunakan ISO 9001 : 2008 dibanding sebelumnya?
Pengaruh paling signifikan terletak di peningkatan kwalitas kerja karyawan, karena Standar Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008 membentuk budaya kerja yang taat kepada sistem dan mekanisme kerja juga sesuai dengan SOP (Standard Operational Procedure).

Berapa lama proses yang dibutuhkan PT. DSP dalam mencapai sertifikasi ISO 9001 : 2008?
Proses Sertifikasi Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008 PT. DSP dicapai dalam kurun waktu kurang lebih 2,5 bulan. Biasanya, perusahaan lain diluar Jhonlin Group membutuhkan waktu sekitar 6 bulan.

Untuk kedepannya, bagaimana strategi menjaga kontinuitas penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008 di PT. DSP?
Kunci mempertahankan Sertifikasi ISO 9001 : 2008 adalah dengan membudayakan kerja taat dengan system dan continous improvement, hal inilah yang akan terus dijaga dan dipertahankan oleh manajemen PT. DSP. Secara khusus, manajemen PT. DSP harus memastikan bahwa tugas dan tanggung jawab serta wewenang masing-masing bagian telah dilaksanakan sesuai dengan struktur organisasi yang ada berdasarkan SOP yang telah dibuat. Manajemen juga memastikan proses yang diperlukan untuk sistem Manajemen telah ditetapkan, diterapkan dan dijalankan secara konsisten. Kemudian memastikan bahwa proses komunikasi dalam organisasi telah dijalankan, sehingga dapat menjamin keefektifan sistem manajemen mutu tersebut. Dan secara berkelanjutan, manajemen PT. DSP melakukan evaluasi sistem manjemen mutu organisasi pada selang waktu yang terencana, untuk memastikan kesesuaian, kecukupan dan keefektifan sistem manajemen mutu yang berkelanjutan.