Diksar ERT PT. Jhonlin Baratama Site Satui Sungai Danau

Angkatan I Emergency Response Team (ERT) Jhonlin Group dikukuhkan dalam Pendidikan Dasar ERT di Site Satui, Sungai Danau PT. Jhonlin Baratama.

Jhonlin Group, PT. Jhonlin Baratama, Sungai Danau, ERT, Diksar, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isam Dari 50 orang karyawan perwakilan masing-masing Departemen PT. Jhonlin Baratama site Satui, Sungai Danau dan perwakilan Sub-Cont. PT. JB yang mengikuti seleksi awal terpilih 18 orang karyawan dan menyusut saat Diksar di hari pertama menjadi 15 orang. Seleksi ketat untuk mencari calon Emergency Response Team yang memiliki kesehatan dan kebugaran tubuh. Diksar dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 18-20 Maret 2014.

Jhonlin Group, PT. Jhonlin Baratama, Disar, ERT, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isam 5 orang Trainer dari SHE Jhonlin Group secara bergantian memberikan materi Pendidikan Dasar ERT ini. Terdiri dari Bambang Hariadi (Divisi Safety JG), Dion Mulia AP (Divisi Health), Aries S (Divisi Safety) – mantan ERT PT. CBS, Sebuku , – Gunawan (Divisi Enviro) – mantan ERT PT. Arutmin Indonesia, Sungai Danau,- dan Zaki Mubariq (Divisi Enviro). Para trainer ini sebelumnya telah memiliki pengalaman dibidang ERT, seperti Bambang H, yang ditunjuk sebagai Ketua Pelaksana Diksar ERT Angkatan I ini mengatakan “saya pernah mengikuti Internal Challenge ERT di perusahaan Total Sanipah tahun 2006, tahun 2009 mengikuti Internal Challenge ERT di PT. Arutmin Indonesia, putaran ke-dua, dan tahun 2011 menjadi Accessor ERT di Internal Challenge PT. Arutmin Indonesia site Batulicin”.

Jhonlin Group, PT. Jhonlin Baratama, Sungai Danau, ERT, Diksar, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isam Sementara Dion Mulia AP juga memaparkan pengalamannya dibidang ERT “Saya pernah mengikuti Internal Challenge ERT Bulan K3 Nasional di PT. Arutmin Indonesia site Satui, Sungai Danau tahun 2010, kemudian Accessor ERT Bulan K3 Nasional di First Aid Competition PT. Wahana Baratama Mining bersama PT. Leighton Contractors Indonesia, site Satui, Sungai Danau dan terakhir menjadi Instruktur First Aider PT. Leighton Contractors Indonesia”.

Rully Rozano Group Corporate SHE JG memaparkan tentang materi Pendidikan Dasara ERT Angkatan I, antara lain:
1. Pengenalan Teori Dasar tentang ERT
2. Pengenalan Peralatan Panjat Tebing dan Turun Tebing
3. Pengenalan Peralatan Rescue
4. Manajemen Kecelakaan
5. Teknik Evakuasi
6. Simulasi Evakuasi LV Accident
7. Basic First Aid
8. Simulasi First Aid

Jhonlin Group, PT. Jhonlin Baratama, Disar, ERT, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isam Simulasi First Aid menurut Bambang dan Dion dibagi dalam beberapa praktek, antara lain Penanganan Luka Bakar, Penanganan Patah Tulang (Patah Kaki, Patah Tangan, dan Patah Jari).Pelatihan Dasar menggunakan pola pendidikan 40 jam pendidikan selama 3 hari berturut-turut. Pelatihan Dasar ERT dibuka oleh Fahrial, Direktur Utama PT. Jhonlin Baratama, beliau menyampaikan “Untuk peralatan ERT di PT. JB site Satui, Sungai Danau selayaknya lebih dilengkapi lagi dan semoga jumlah peserta yang lolos seleksi ini terus bertambah dan bertahan hingga akhir Diksar, dan dapat memberikan kontribusi positif bagi perusahaan”.

Jhonlin Group, PT. Jhonlin Baratama, Disar, ERT, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isam Rully Rozano juga mengungkapkan “Emergency Response Team ini merupakan program kerja SHE JG sesuai dengan Kep.Men 555 Tahun 1995, pasal 24 tentang Pembentukan Team Penyelamat atau Rescue”. Rencananya, ERT ini akan dibentuk dihampir seluruh unit usaha Jhonlin Group, seperti yang dipaparkan oleh Rully Rozano “Tanggal 1 April, kita akan mengukuhkan Angkatan ke II ERT di PT. Dua Samudera Perkasa, saat ini kita telah melakukan tahapan seleksi calon anggota ERT, telah diseleksi 20 orang, pengukuhannya tanggal 1-3 April 2014 dan saya mengharapkan semua unit usaha Jhonlin Group melakukan persiapan pembentukan Emergency Response Team di masing-masing unitnya”.

Rencana besar dalam program SHE JG tentang Emergency Response Team ini adalah diadakannya Jambore Emergency Response Team, seperti yang dikatakan Rully Rozano “Bulan Agustus 2014 kita akan melaksanakan Jambore Emergency Response Team untuk seluruh unit usaha dan kami akan menghadirkan narasumber dari Basarnas atau nara sumber lainnya terkait dengan Emergency Response Team, dan nantinya juga akan kami adakan Internal Fire and Rescue Challenge untuk seluruh unit usaha Jhonlin Group”.

Jhonlin Group, PT. Jhonlin Baratama, Sungai Danau, ERT, Diksar, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isam Bambang H pula menyampaikan harapannya dengan dilantiknya Emergency Response Team angkatan I ini “Semoga dengan dibentuknya ERT dalam membantu penanganan korban kecelakaan dan bencana dapat teratasi dengan cara yang benar dan cepat”. Hal yang hampir senada juga disampaikan oleh Dion Mulia AP “Saya berharap peserta Diksar angkatan I dan seterusnya dapat menguasai materi dan konsep ERT yang telah diberikan. Walaupun masih terdapat kekurangan dalam Diksar ERT angkatan I, misalnya peserta Diksar yang masih tergesa-gesa dalam bertindak dan kurangnya koordinasi antar sesama peserta Diksar. Akan tetapi saya percaya, team ini akan menjadi solid dan lebih bagus nantinya dengan tetap melakukan latihan rutin, dan percayalah, hari ini kita biasa, besok kita luar biasa”. Diksar ERT angkatan I secara resmi ditutup oleh Sukron, PJO PT. Jhonlin Baratama site Satui, Sungai Danau dengan prosesi pemasangan slayer ERT secara simbolis oleh Sukron ke salah satu peserta Diksar ERT.