Enviromental Jhonlin Group Memanfaatkan Drum Bekas Menjadi Barang Bermanfaat

Ditangan Enviromental Jhonlin Group, Limbah B3 di PT. Jhonlin Baratama site Sungai Danau disulap menjadi barang yang bermanfaat.

Jhonlin Group, 3R, SHE, Go Green, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isam, PT. Jhonlin Baratama Limbah merupakan hal yang bagi sebagian orang merupakan barang atau benda yang dianggap sepele dan dipandang sebelah mata karena merupakan bahan yang merugikan dan tidak memiliki nilai. Namun berbeda halnya dengan Enviromental JhonlinGroup, barang bekas yang merupakan limbah workshop disulap menjadi peralatan yang dapat dimanfaatkan kembali.

Jhonlin Group, 3R, SHE, Go Green, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isam, PT. Jhonlin Baratama Herison Fadly SPV Enviro Dept. SHE Jhonlin Group untuk area kerja PT. Jhonlin Baratama Site Satui Sungai Danau membeberkan tentang rekayasa alih fungsi dan inovasi-inovasi pemanfaatan yang sudah dilakukan oleh Dept. Plant Site Satui Sungai Danau dan Departement terkait lainnya, yang sudah memberikan ide-ide dan masukan-masukan dengan prinsip 3 R, “Reuse” merupakan tindakan sederhana menggunakan kembali suatu barang sebagaimana mestinya atau untuk kepentingan lain yang mampu ditangani oleh barang tersebut. “Recycle” berarti membuat barang-barang bekas yang tidak memungkinkan untuk digunakan lagi menjadi barang baru salah satunya menggunakan drum bekas, menurut Fadly pemanfaatan ulang Limbah tersebut khususnya drum bekas ini, dapat memaksimalkan limbah yang dihasilkan, sehingga volume dari pembuangan LB3 dapat berkurang.

Jhonlin Group, 3R, SHE, Go Green, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isam, PT. Jhonlin Baratama Dalam mengelola barang bekas tidak memerlukan teknis atau keahlian khusus. Yang diperlukan hanyalah kemauan dan keterampilan. Karena kemauan berasal dari diri sendiri sedangkan keterampilan bisa kita pelajari. Berikut beberapa rekayasa alih fungsi dan inovasi yang menggunakan drum bekas, antara lain:
1. Drum bekas di karyakan sedemikian rupa untuk dapat dijadikan sebagai tempat untuk pembersih filter.
2. Drum bekas di alih fungsikan agar dapat dijadikan goronggorong untuk drainase dimaksimalkan pemakaiannya dalam pembangunan akses jalan berskala kecil.
3. Drum bekas sebagai tong sampah, sesuai dengan jenis sampah.