Pelatihan Sertifikasi Welder PT. Jhonlin Baratama

Keterampilan juru las merupakan salah satu indikator peningkatan kinerja perusahaan yang mengarah pada produktivitas. Melihat kondisi itu, maka diperlukan program pelatihan sertifikasi welder di PT. Jhonlin Baratama.

Jhonlin Group, Pelatihan Welder, PT. Jhonlin Baratama, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isam Upaya meningkatkan mutu dan kompetensi karyawan terus dilakukan oleh Jhonlin Group khususnya Organization Development PT. Jhonlin Baratama, dengan mengadakan Pelatihan Sertifikasi Welder. Seiring dengan perkembangan teknologi dan industri manufaktur maupun pertambangan, maka diperlukan kualitas sumber daya manusia khususnya Welder yang merupakan salah satu indikator dalam meningkatkan kinerja perusahaan dimasa mendatang. Perkembangan ini menuntut adanya keseragaman kompetensi profesi dalam hal ini sebagai seorang juru las berdasarkan peraturan Kementerian Tenaga Kerja Dan Transmigrasi.

Jhonlin Group, Pelatihan Welder, PT. Jhonlin Baratama, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isam Bertempat di ruang meeting Jhonlin Group dilaksanakan program Pelatihan Sertifikasi Welder dalam 2 batch. Masingmasing batch diikuti 11 Welder, setiap batch dilaksanakan selama 4 hari, batch pertama 15-18 Maret 2014 sementara batch 2 dilaksanakan mulai 19-22 Maret 2014. Hari pertama para peserta yang merupakan juru las (Welder) PT. Jhonlin Baratama diajarkan teori seputar Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi tentang kwalifikasi juru las di tempat kerja, kedudukan seorang Welder pada jabatan profesi, Welding symbol, Metalurgi Las, Filler Metal, Pengantar Mesin Las, Safety Dalam Pengelasan, Welding Defect, Welding SMAW (Shielded Metal Arc Welding) secara umum dan lainnya. Hari ke dua dan tiga dilaksanakan praktek di Workshop CNC, kemudian hari ke empat evaluasi hasil tes tulis maupun praktik kemudian sertifikasi dari Departemen Tenaga Kerja Dan Transmigrasi. Seperti yang diungkapkan Fahrial, Direktur Utama PT. Jhonlin Baratama saat membuka pelaksanaan pelatihan “ Kedepan saya ingin semua pekerjaan yang membutuhkan sertifikasi di PT. Jhonlin Baratama dipenuhi.

Jhonlin Group, Pelatihan Welder, PT. Jhonlin Baratama, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, Batulicin, h isam Perlahan-lahan kita akan melengkapi semua standar yang dibutuhkan. Dalam pelatihan ini saya harapkan para peserta dapat memahami dengan baik apa yang dijelaskan sehingga nantinya dapat memperoleh sertifikasi dan yang paling penting dapat di implementasikan di lapangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku”. Hal senada juga diungkapkan Ir. Toto Marnoto Penguji dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Spesialis Ahli K3 Bidang Pengelasan “Sertifikasi Welder ini bertujuan agar ada kesamaan profesi dengan jenis pekerjaan masing-masing serta melengkapi persyaratan sebagai Welder yang diakui oleh pemerintah sesuai dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja R.I. No.: Per/02/ MEN/1982 mengenai klasifikasi juru las dalam melakukan pengelasan dengan menggunakan mesin las listrik. Agar efektivitas, efisiensi dan produktivitas kerja meningkat dan keselamatan kerja dalam pengelasan lebih terjamin”, ditambahkannya “Saya harap di akhir sesi ini tidak ada yang gagal, besar harapan kami agar pelatihan ini bisa memberikan manfaat serta pengalaman yang optimal bagi para peserta di dalam karir yang sesuai dengan bidangnya “.

Disela-sela pelaksanaan pelatihan, Yan Filmi Section Head Recruitment PT. Jhonlin Baratama mengungkapkan “Ini kesempatan yang baik untuk mengasah keterampilan karyawan . Diharapkan para peserta dapat bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan ini, karena apa yang didapatkan di pelatihan ini sangat bermanfaat dan dapat menunjang aktivitas yang dilakukan. Setelah pelatihan ini mereka semua akan disertifikasi, namun harus diiringi dengan kwalifikasi yang ujungnya berdampak pada peningkatan kinerja karyawan serta produktivitas perusahaan”.