Verifikasi Gudang Bahan Peladak KUD Gajah Mada Dan PT. Baramega Citra Mulia Persada

Sesuai dengan ketentuan yang tertuang dalam Keputusan Menteri Pertambangan dan Energi No. 555.K/26/M.PE/ 1995, Pasal 53, 54, 55, 56, 57, 58 maka dilakukan proses verifikasi di gudang bahan peledak KUD Gajah Mada dan PT. Baramega Citra Mulia Persada sebagaimana yang telah ditetapkan sebelum serah terima gudang bahan peledak dilakukan.

Jhonlin Group, Verifikasi gudang handak, Kalimantan Selatan, Batulicin, h isam Bertempat di Desa Serongga Kecamatan Kelumpang Hilir Kotabaru dilaksanakan pemeriksanaan kondisi gudang bahan peledak KUD Gajah Mada dan PT. Baramega Citra Mulia Persada yang nantinya akan digunakan PT. Jhonlin Baratama dalam melakukan kontraktor pertambangan oleh Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Kotabaru, Jum’at 14 Maret 2014. Verifikasi gudang bahan peledak oleh Distamben Kotabaru didampingi langsung oleh Sutarno Direktur Operasional PT. Jhonlin Baratama, Rizal Akbar Manager
General Affairs Pt. Jhonlin Baratama, Budi Hantono Manager Operasional PT. Jhonlin Sasangga Banua.

Jhonlin Group, Verifikasi gudang handak, Kalimantan Selatan, Batulicin, h isam Kegiatan diawali dengan pemeriksaan kondisi bangunan dan memastikan lokasi jauh dari aktifitas tambang maupun fasilitas umum, kemudian dilanjutkan pemeriksanaan rambu-rambu disekitar area gudang handak maupun di dalam gudang seperti pengadaan APAR disetiap gudang, kontruksi bangunan, kelayakan gudang seperti Gudang dinamit, Gudang anfo maupun Gudang detonator . Menurut Fahriyadi A.Md, salah satu Staf K3 Lingkungan dan Inspektur Tambang Distamben Kotabaru “Verifikasi ini dilakukan guna memastikan gudang ini layak digunakan sesuai dengan ketentuan yang tertuang dalam Keputusan Menteri Pertambangan dan Energi No. 555.K/26/M.PE/1995, Pasal 53, 54, 55, 56, 57, 58. Dari hasil verifikasi ini selanjutnya akan dilanjutkan perbaikan apabila ada temuan agar dapat segera dilakukan proses perbaikan sebelum dilakukan serah terima penggunaan gudang bahan peledak”.

Jhonlin Group, Verifikasi gudang handak, Kalimantan Selatan, Batulicin, h isam Disela-sela pelaksanaan verifikasi, Manager General Affairs PT. Jhonlin Baratama, Rizal Akbar mengungkapkan “Apapun temuan yang didapatkan nantinya, akan segera kami lakukanproses perbaikan agar gudang bahan peledak dapat dioperasikan guna mendukung kegiatan operasional PT. Jhonlin Baratama yang merupakan kontraktor pertambang PT. Baramega Citra Mulia Persada dan KUD Gajah Mada”.

Hal senada juga diungkapkan Basuki SH Kepala Bidang Pembinaan Pengawasan Usaha Pertambangan “Untuk mendirikan gudang bahan peledak harus mendapatkan ijin dari bupati oleh sebab itu atas nama bupati Distamben melakukan verifikasi gudang handak
sebelum mendapat surat ijin gudang bahan peledak. Berdasarkan hasil verifikasi dari teman-teman di lapangan, gudang bahan peledak KUD Gajah Mada dan PT. Baramega Citra Mulia Persada secara umum sudah dapat dikatakan selesai 100 % cuman masih ada sedikit perbaikan seperti rambu-rambu tanda APAR di gudang dan di area genset, papan pengumuman, perbaikan tanggul bagian atas depan gudang dinamit yang tergerus air hujan,” ditambahkannya “Dibangunnya gudang bahan peledak ini dapat memperlancar rencana kerja PT. BCMP dan Gajah Mada yang merupakan mitra kerja PT. Jhonlin Baratama”.