Pelatihan Basic First Aid KSR PMI Tanah Bumbu

Mengingat relawan merupakan garda depan Palang Merah Indonesia, maka dibutuhkan kesiapan, kecepatan dan kualitas dari pertolongan pertama maupun kegiatan-kegiatannya di Palang Merah Indonesia.

Jhonlin Group, PMI Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Batulicin, h isam
Untuk meningkatkan pelayanan kepalangmerahan kepada masyarakat, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tanah Bumbu bekerjasama dengan SHE Jhonlin Group menggelar pelatihan Korps Sukarela (KSR) mengenai Basic First Aid di ruang meeting Jhonlin Group Selasa 18 Maret 2014. Pelatihan diikuti perwakilan dari setiap kecamatan yang ada di Kabupaten
Tanah bumbu.

Jhonlin Group, PMI Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Batulicin, h isam
Menurut Wahyu Kriswanto dari PMI (Palang Merah Indonesia) kota Banjarmasin “Mengingat tugas para relawan semakin berat, untuk itu kami berharap kepada para relawan yang mengikuti pelatihan untuk benar-benar mengikuti kegiatan ini dengan serius. Sehingga, bilamana terjadi bencana maupun pada kegiatan-kegiatan PMI yang bersifat kemanusiaan bisa langsung terjun ke lapangan. Jadi kesiapan KSR merupakan usaha untuk mengantisipasi kejadian disekitar daerahnya sebelum petugas
medis maupun dokter datang” ditambahkannya “Dalam kegiatan ini Jhonlin Group membantu memfasilitasi ruangan sekaligus peralatan dan instruktur pada simulasi first aid”. Hal nsenada juga diungkapkan Dr. Anwarusy Syamsi Group Health Jhonlin Group “Pertolongan pertama di lapangan tergantung dari kualitas dan kecepatan. Jadi keduanya harus dimiliki bagi seorang relawan. Semoga calon KSR Palang Merah IndonesiaKabupaten Tanah Bumbu dapat menjadi relawan yang nantinya dapat memberikan kepalangmerahan kepada masyarakat di lingkungan sekitarnya. Dengan rasa sosial tinggi para sukarelawan nantinya setiap saat menyiapkan diri untuk memberi bantuan dan pertolongan sesuai dengan kemampuannya bagi sesama yang memerlukan bantuan”.

Usai memperoleh materi dari Health Jhonlin Group seputar Bantuan hidup dasar, Penanganan luka dan patah tulang, Transportasi medis dan basic first aid dilanjutkan dengan simulasi first aid di halaman kantor Jhonlin Group. Disela-sela pelaksanaan simulasi, Rike Kartika Kepala Markas PMI Kabupaten Tanah Bumbu mengungkapkan “Ini angkatan pertama untuk pembentukan KSR Markas PMI Kabupaten Tanah Bumbu. Pelatihan ini dilaksanakan sebagaimana menjadi tanggung jawab anggota PMI, yang mencakup bidang kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan dan kemestaan. Dalam pelaksanaan tugas dan kegiatannya, relawan menjadi garis terdepan. Semoga ke depan mereka dapat menjadi relawan-relawan yang merupakan jantung PMI yang mampu menggerakkan semua kegiatan-kegiatan Palang Merah Indonesia.

Advertisements