Training Refresh Awareness ISO 9001 : 2008 QMS Dan Audit Mutu Internal

Peningkatakan pemahaman dan penerapan ISO melalui pelaksanaan Training Refresh Awareness ISO 9001 : 2008 QMS oleh Management ISO PT. Jhonlin Baratama.

Jhonlin Group, Training ISO, PT. Jhonlin Baratama, Kalimantan Selatan, Batulicin, h isam Dalam upaya meningkatkan pemahaman terhadap penerapan ISO 9001 : 2008 di PT. Jhonlin Baratama, dilaksanakan inhouse pelatihan Refresh Awareness ISO 9001 : 2008 QMS dan audit mutu internal di ruang meeting Jhonlin Group selama 3 hari mulai 9-11 Maret 2014 oleh Management ISO PT. Jhonlin Baratama dengan Premysis Consulting. Selama 3 hari peserta pelatihan diberikan pemahaman seputar Awareness ISO 9001 : 2008 QMS, Document Control, Internal Quality Audit serta pemahaman secara lebih mendetail mengenai 8 pasal persyaratan ISO 9001 : 2008 seperti Ruang Lingkup, Acuan yang mengatur, Istilah dan Definisi, Sistem Manajemen Mutu, Tanggung Jawab Manajemen, Manajemen Sumber Daya, Realisasi Produk, Pengukuran, Analisa dan Perbaikan yang tertuang dalam International Standard ISO 9001 : 2008.

Jhonlin Group, Training ISO, PT. Jhonlin Baratama, Kalimantan Selatan, Batulicin, h isam Sebelum kegiatan in-house training ini berjalan team Management ISO PT. Jhonlin Baratama Subhan dan Azwinm Indra telah memberikan internal training dengan materi serupa terlebih dahulu. Internal training ini bertujuan membekali peserta dalam pemahaman ISO, DC, IQA dan menyaring peserta yang akan ikut dalam in-house training Refresh Awareness ISO 9001 : 2008 QMS dan audit mutu internal nantinya. Kegiatan ini berlangsung sejak akhir bulan Januari untuk batch 1 di site Sungai dua, pertengahan bulan februari untuk batch 2 di Sungai Danau dan akhir bulan februari untuk batch 3 di kantor Jhonlin Group. Sedangkan jumlah total peserta dari ketiga batch tersebut sekitar 57 orang dari PT. Jhonlin Baratama baik dari site Sungai Dua, Sungai Danau dan Kintap. Dari ketiga batch tersebut masing masing batch dipilih 5 peserta terbaik untuk mengikuti pelatihan Refresh Awareness ISO 9001 : 2008 QMS dan Audit Mutu Internal ditambahkan dengan 15 besar terbaik dari kumpulan batch 1 s/d batch 3.

Jhonlin Group, Training Awereness ISO 9001 : 2008, PT. Jhonlin Baratama, Kalimantan Selatan, Batulicin, h isam Dalam upaya meningkatkan pemahaman terhadap penerapan ISO 9001 : 2008 di PT. Jhonlin Baratama, dilaksanakan inhouse pelatihan Refresh Awareness ISO 9001 : 2008 QMS dan audit mutu internal di ruang meeting Jhonlin Group selama 3 hari mulai 9-11 Maret 2014 oleh Management ISO PT. Jhonlin Baratama dengan Premysis Consulting. Selama 3 hari peserta pelatihan diberikan pemahaman seputar Awareness ISO 9001 : 2008 QMS, Document Control, Internal Quality Audit serta pemahaman secara lebih mendetail mengenai 8 pasal persyaratan ISO 9001 : 2008 seperti Ruang Lingkup, Acuan ang mengatur, Istilah dan Definisi, Sistem Manajemen Mutu, Tanggung Jawab Manajemen, Manajemen Sumber Daya, Realisasi Produk, Pengukuran, Analisa dan Perbaikan yang tertuang dalam International Standard ISO 9001 : 2008.

Sebelum kegiatan in-house training ini berjalan team Management ISO PT. Jhonlin Baratama Subhan dan Azwin Indra telah memberikan internal training dengan materi serupa terlebih dahulu. Internal training ini bertujuan membekali peserta dalam pemahaman ISO, DC, IQA dan menyaring peserta yang akan ikut dalam in-house training Refresh
Awareness ISO 9001 : 2008 QMS dan audit mutu internal nantinya. Kegiatan ini berlangsung sejak akhir bulan Januari untuk batch 1 di site Sungai dua, pertengahan bulan februari untuk batch 2 di Sungai Danau dan akhir bulan februari untuk batch 3 di kantor Jhonlin Group. Sedangkan jumlah total peserta dari ketiga batch tersebut sekitar 57 orang dari PT. Jhonlin Baratama baik dari site Sungai Dua, Sungai Danau dan Kintap. Dari ketiga batch tersebut masing masing batch dipilih 5 peserta terbaik untuk mengikuti pelatihan Refresh Awareness ISO 9001 : 2008 QMS dan Audit Mutu Internal ditambahkan dengan 15 besar terbaik dari kumpulan batch 1 s/d batch 3. Menurut Azwin Indra dari IQA manajemen ISO PT. Jhonlin Baratama “ISO 9001:2008 Quality Management System memiliki peran penting untuk meraih misi PT. Jhonlin Baratama menjadi world-class companies yang menuntut para pelaku untuk berkomitmen dan konsisten dalam memenuhi persyaratan wajib agar dapat ikut bersaing di dunia global, yaitu dengan memiliki dan menerapkan Standar ISO. Standar Internasional ISO 9001:2008 yang berisi persyaratan sistem manajemen mutu, mengarahkan perusahaan untuk dapat mengendalikan proses-prosesnya menuju pencapaian sasaran-sasarannya termasuk diantaranya kepuasan pelanggan, kesesuaian dengan peraturan dan perundangundangan serta peningkatan berkesinambungan,” ditambahkannya “Ke depan kita mau membentuk yang namanya Internal Audit Quality Representative dan Document Control Representative”.

Ditemui disela-sela pelaksanaan pelatihan, Herlina Sirait dari Premsyis Consulting mengungkapkan “Saat ini PT. Jhonlin Baratama telah menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2008. Dengan pelatihan ini, diharapkan adanya peningkatan pemahaman dan penerapan ISO terutama persyaratan ISO itu sendiri mulai pasal 1 sampai dengan 8, Bagaimana membuat Bussiness Proccess Maping, membuat suatu dokumentasi yang baik dan bagaimana melakukan audit internal yang baik. Kegiatan ini bertujuan agar seluruh man power di PT. Jhonlin Baratama mengerti, minimal karyawan memahami pasal-pasal ISO dan dapat melakukan audit internal. Jangan sampai semangatnya sampai 3 hari ini saja, tapi seterusnya dan apa yang didapatkan dapat di praktekkan secara konsisten”.

Jhonlin Group, Training Awereness ISO 9001 : 2008, PT. Jhonlin Baratama, Kalimantan Selatan, Batulicin, h isam Usai pelaksanaan test dilanjutkan dengan pengumuman peserta terbaik dan kelompok terbaik sekaligus penyerahan hadiah oleh Trainer, kemudian dilanjutkan penutupan pelaksanaan pelatihan oleh Deputi Direktur PT. Jhonlin Baratama, Rinto Candra Wijaya. Beliau menyampaikan harapannya, “Semoga pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan sumber daya manusia di PT. Jhonlin Baratama mengenai implementasi dan pengembangan sistem manajemen mutu berdasarkan pasal-pasal ISO,” beliau juga menambahkan “Kita ingin mencetak orang-orang yang kualifif melalui training ini agar nanti dapat di implementasikan. Kami minta peran serta karyawan untuk aktif dalam menjalankan sistem. Sistem ini kita bangun, kita certified dan harus bisa kita pertahankan”.

“GO…GO…GO JB bisa ISO!!!……..YES…YES…YES JB pasti
SUKSES !!!!!”

Yel-yel penyemangat usai in-house training dilaksanakan, yang bertujuan untuk menjaga komitmen maupun konsistensi dalam menjalankan seluruh persyaratan standar ISO 9001 : 2008.