Uji Kompetensi SMK Kodeco Simpang Empat Oleh Jhonlin Group

Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan mengupayakan peningkatan ketrampilan dan keahlian Sumber Daya Manusia yang dikembangkan melalui pelaksananan Uji Kompetensi Keahlian.

Jhonlin Group, Kamlimantan Selatan, SMK Kodeco Simpang Empat, Batulicin, h isam Jhonlin Group berkesempatan menjadi team penguji bersama dengan perwakilan Dinas Pendidikan, Balai Latihan Kerja Kotabaru dan beberapa perusahaan yang ada di Tanah Bumbu di SMK Kodeco. Kegiatan uji kompetensi keahlian dilaksanakan di SMK Kodeco mulai 24-28 Februari 2014 di area praktek masing-masing jurusan. Sekitar 125 murid mengikuti uji kompetensi yang terdiri dari 29 siswa jurusan Teknik pengelasan, 65 siswa jurusan teknik otomotif kendaraan ringan dan 31 siswa jurusan teknik otomotif sepeda motor. Dihadapan para penguji, siswa SMK Kodeco begitu terampil dalam melaksanakan praktik. Pelaksanaan uji kompentsi untuk teknik otomotif kendaraan ringan dan teknik pengelasan dilaksanakan di sekolah dan di uji langsung oleh team penguji dari internal
dan eksternal antara lain Jhonlin Group, PT. ITP Tarjun, PT. Cipaganati Batulicin, PT. Wira Toyota Batulicin, PT. Barito Sumber Berlian Motor. Seperti yang diungkapkan Mardiyansyah ST, MM Kepala sekolah SMK Kodeco “Kegiatan dilakukan setiap tahun untuk melihat sejauh mana kemampuan anak-anak dalam mengasah keterampilannya agar kelak dapat di implementasikan. Keterlibatan perusahaan dalam pelaksanaan uji kompetensi ini sangat baik. Disamping dapat menyempatkan untuk menjadi team penguji, melalui pelaksanaan UKK ini anak-anak dapat belajar”.

Jhonlin Group, Kamlimantan Selatan, SMK Kodeco Simpang Empat, Batulicin, h isam Salah satu team penguji dari PT. Jhonlin Agromandiri, Tumino mengatakan “Secara umum para siswa sebenarnya sudah menguasai materi. Hanya saja karena gugup, jadi diperlukan kesiapan mental, fisik dan rasa tanggung jawab yang besar dalamm setiap pelaksanaan pekerjaan. Intinya, uji kompetensi keahlian ini tidak hanya sekedar menanyakan materi kompetensi, namun juga lebih banyak menguji mental para siswa”. Agus Muhammad Arifin peserta UKK jurusan teknik otomotif kendaraan ringan mengungkapkan “Terima kasih karena pihak perusahaan sudah menyempatkan untuk menjadi penguji. Semoga kompetensi maupun praktik yang kami lakukan hari ini sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan-perusahaan”.