SHE Jhonlin Group Sulap Lahan Gersang Jadi Taman Buah

Potensi dan pengembangan tanaman lokal di area taman buah Jhonlin Group di site PT. Jhonlin Baratama semakin berkembang, terbukti dengan jumlah tanaman dan buah yang dihasilkannya.

Jhonlin Group, SHE, Taman Buah, Kalimantan Selatan, Batulicin, h isam Indonesia merupakan salah satu pusat keanekaragaman hayati tropika terbesar di dunia dan memiliki berbagai jenis buahbuahan yang khas dari segi citarasa, bentuk dan warna. Namun potensi itu belum sepenuhnya dimanfaatkan, baik untuk peningkatan kesejahteraan maupun pendapatan. Sebagai bagian pengelolaan lingkungan di Jhonlin Group ,memanfaatkan lahan kosong disekitar area Nursery PT. Jhonlin Baratama, section Enviro Jhonlin Group melakukan pengelolaan dan pengembangan potensi tanaman lokal di area Taman Buah PT. Jhonlin Baratama. Berikut obrolan bersama salah satu team Enviro Jhonlin Group di lokasi Taman Buah.

Jhonlin Group, SHE, Taman Buah, Kalimantan Selatan, Batulicin, h isam

Jhonlin Group, SHE, Taman Buah, Kalimantan Selatan, Batulicin, h isamSelamat siang pak, bisa dijelaskan latar belakang di bangunnya taman buah disekitar area nursery PT. Jhonlin Baratama?
Memanfaatkan lahan kosong yang berada disekitar area nursery PT. Jhonlin Baratama, tidak hanya melakukan reklamasi kami mencoba melakukan pengembangan potensi tanaman lokal yang bisa ditanam baik disekitar area nursery maupun di lokasi bekas kegiatan operasional. Ini merupakan nilai tambah bagi perusahaan terhadap stake holder yang dimana sudah menjadi program SHE Jhonlin Group melalui section Enviro Jhonlin Group.

Berapa luas area dan sejak kapan di bangun pak?
Luas taman buah ini kurang lebih sekitar 4 hektar dan dibangun kurang lebih sekitar 2 tahun yang lalu.

Pak, kalau boleh tahu tanaman apa saja yang sudah ditanam di taman buah ini ?
Cempedak, Durian, Jambu, Alpukat, Nanas, Kecapi, Mangga, Nangka, Pempakin, Rambutan, Sirsak, Langsat, Kelengkeng dan masih banyak lainnya yang tidak hanya di tanam di taman buah melainkan disekitar area bekas tambang maupun kantor PT. Jhonlin Baratama site Sungai Dua.

Bagaimana perawatan tanaman yang ada pada taman buah ini?
Sama seperti merawat tanaman lainya, dilakukan pemeliharaan secara berkala untuk beberapa jenis tanaman seperti pemupukan, penyiraman dan pembersihan gulma disekitar tanaman.

Apa tujuan pembangunan taman buah ini?
Dengan taman buah ini, kita akan mendapatkan tiga manfaat sekaligus. Selain dapat menjadi objek wisata nantinya, juga ikut berpartisipasi dalam melestarikan tanaman buah lokalserta mengembalikan ekosistem sesuai peruntukannya, mengurangi pemanasan global kemudian memanfaatkan secara maksimum segenap potensi yang ada dengan azas pertimbangan keselarasan lingkungan tetap terjaga.

Selain di lokasi taman buah, apakah penanaman dilakukan juga di area bekas tambang?
Pengembangan tanaman, khususnya tanaman buah tidak hanya dilakukan di area taman buah, penanaman juga dilakukan di sekitar area bekas tambang misalkan di PIT ASG, BCMP dan beberapa tempat lainnya.

Sejauh ini manfaat apa yang dirasakan team Enviro sendiri maupun PT. Jhonlin Baratama yang berada disekitar lokasi taman buah ini?
Kami dapat mewujudkan tempat aman dan nyaman serta memberikan kondisi lingkungan yang asri dan hasilnya dapat dikonsumsi. Sementara kalau untuk perusahaan sendiri, ini merupakan nilai tambah dimana perusahaan tidak hanya melakukan reklamasi tapi pengembangan potensi tanaman khususnya tanaman buah disekitar area kantor, bekas tambang maupun di kawasan taman buah itu sendiri.

Sejauh ini bagaimana dengan support managemen, dalam pengembangan taman buah yang ada disamping Balai Sahbirin?
Manajemen sangat berkontribusi dalam hal penyedian bibit serta peralatan yang dibutuhkan untuk menunjang
pengembangan potensi tanaman khususnya buah yang ada di sekitar Balai Sahbirin nursery PT. Jhonlin Baratama.

Apa harapan bapak dengan adanya Taman Buah ini?
Disamping kami melakukan pengelolaan lingkungan, ini juga merupakan upaya untuk mengurangi pemanasan global, mengembalikan ekosistem sesuai dengan peruntukkannya, Menambah kesadaran pentingnya pemeliharaan lingkungan serta memetik manfaat lainnya dengan berpedoman pada pelaksanaan pengelolaan seperti reboisasi, edukasi bahkan wisata. Kedepan taman buah ini bukan hanya terdapat disekitar nursery tapi disekitar tambang itu sendiri sehingga dapat dinikmati langsung dan semoga taman buah ini secara kualitas dan kuantitas bertambah baik”.