Efgar Welmar Santos, Komitmen Zero Accident

Pria berbadan tegap ini telah mengabdi di PT. Jhonlin Baratama sejak tahun 2004. Dan, diawal tahun 2014, beliau dipercaya sebagai Group Corporate Safety di Holding Company Jhonlin Group. Membawahi departemen Safety semua unit usaha Jhonlin Group. Beliau juga dipercaya sebagai Ketua Penyelenggara acara memperingati Bulan K3 Nasional di Jhonlin Group. Berikut adalah bincangbincang JhonlinMagz bersama pria murah senyum ini.

Jhonlin Group, kalimantan Selatan, Batulicin, Efgar Welmar Santos, Bulan K3, h isam

Jhonlin Group, kalimantan Selatan, Batulicin, Efgar Welmar Santos, Bulan K3, h isamApa saja yang dilakukan oleh Jhonlin Group dalam rangka memperingati bulan K3 Nasional?
Mengadakan upacara Bulan K3 Nasional dengan mengundang instansi pemerintah daerah; Distamben dan Disnaker Kabupaten Tanah Bumbu, PT. Arutmin Indonesia, dan tentunya unit usaha Jhonlin Group. Kami juga memberikan kesempatan untuk marching band SMPN 1 Batulicin, dan mempertontonkan simulasi FRT dan simulasi First Aid. Selain itu kami juga mengadakan acara Lomba Tenis Meja, Futsal dan Bulu Tangkis. Kemudian acara yang berkaitan dengan K3LH, seperti; Cerdas Cermat, Simpatik Supir, Penyuluhan K3 di SD lingkar tambang, Refresh Induction K3L, Lomba Housekeeping atau 5S disetiap Workshop, dan Kuis K3 di Jhonlin Radio.

Bagaimana sistem penerapan K3 di lingkungan kerja Jhonlin Group?
Kalau saya ditanya bagaimana penerapan K3 di Jhonlin Group, jujur secara pribadi kami belum bisa maksimal menjalankannya, namun besar harapan kami agar program yang kami buat bisa membentuk sebuah komitmen disetiap unit usaha untuk mejalankannya, agar semua karyawan terbebas dari bahaya dan risiko yang bisa menyebabkan kecelakaan, yang berdampak kerugian pada karyawan, keluarga karyawan, maupun perusahaan. Namun apabila budaya K3 dapat diterapkan dengan baik maka yang muncul adalah keuntungan bagi karyawan beserta keluarga maupun perusahaan itu sendiri.

Kendala yang dihadapi dalam penerapan K3 di lingkungan kerja Jhonlin Group?
Kalau saya katakan soal kendala itu pasti ada, contohnya ketika kami menangani keselamatan kerja untuk semua unit di Jhonlin Group yang beragam core businessnya, ini sebenarnya tantangan, mau tidak mau, suka tidak suka kami harus jalankan secara profesional, karena kami mempunyai tujuan yang jelas, yaitu setiap karyawan harus bekerja dengan selamat. Nah saya coba kembalikan kepada pemimpin setiap unit usaha yang notabene merekalah yang paling bertanggung jawab terhadap Keselamatan dan Kesehatan kerja karyawannya dan sudah sepantasnyalah juga bersikap tegas dalam hal keselamatan dan kesehatan kerja dan lingkungan.

Mengapa keselamatan kerja penting bagi perusahaan?
Disini saya tegaskan lagi, suatu perusahaan itu maju dan berkembang apabila Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja benar-benar bisa terintegrasi dari atas sampai kebawah, dan benar-benar terlaksana pembentukan budaya K3
ditempat kerja.

Bagaimana komitmen SHE Jhonlin Group dalam penerapan budaya K3?
SHE Jhonlin Group berkomitmen Menjunjung tinggi nilai nilai dan bersikap tegas dalam hal Keselamatan, Kesehatan
Kerja dan Lingkungan (K3LH).

Apa saja prestasi SHE Jhonlin Group di bidang K3?
Salah satunya mendapat penghargaan Zero LTI dari PT. Arutmin Indonesia. 184 hari atau 126,727 jam kerja tanpa terjadinya Lost Time Injury dan Menurunnya angka kecelakaan.

Parameter penilaian telah berjalannya K3 di Jhonlin Group?
Parameternyanya adalah menyusun program,menjalankan program secara konsisten, membuat rekomendasi perbaikan dan melakukan pemantauan terhadap perbaikan secara berkesinambungan.

Apakah penerapan K3 di lingkungan kerja telah berjalan dengan baik?
Penerapan program K3 menurut saya belum sepenuhnya terlaksana namun budaya K3 tidak akan berjalan dengan baik apabila belum adanya komitmen terhadap pengimplenmentasian budaya K3 di tempat kerja oleh semua pimpinan dan karyawan.

Sejauh ini, sasaran penerapan budaya K3 di Jhonlin Group telah terpenuhi?
Belum terpenuhi secara keseluruhan, namun telah menunjukkan perkembangan yang mengarah pada budaya
kerja K3.

Sejak kapan Jhonlin Group mulai mencanangkan K3 sebagai bagian dari budaya kerja?
Sejak dibentuknya departemen SHE di Jhonlin Group.