GHIMOYO, “Don’t Idolize the Past, Enjoyed Present, Not Scared of Future”.

Jika boleh dikategorikan dalam angka 1 – 10, beliau berada di angka 8. Angka proposional, tidak kurang tidak lebih. Kepemimpinannya telah berjalan 1 tahun di Jhonlin Group. Holding Company yang menaungi beberapa unit usaha yang bergerak dalam berbagai bidang, khususnya pertambangan batubara dari hulu ke hilir. Mungkin, tidak banyak yang mengenal sosok beliau, itu salah satu pilihan beliau. Popularitas baginya bukan tujuan. Selama 1 tahun pula karyawan holding company Jhonlin Group mengecap manis pahit kebijakan yang beliau putuskan. Semuanya demi perbaikan dan pengembangan yang lebih baik, bagi perusahaan, karyawan dan masyarakat sekitar perusahaan.

Jhonlin Group, Ghimoyo, CEO Jhonlin group, Kalimantan Selatan, Batulicin, h isam JhonlinMagz berkesempatan bincang-bincang santai bersama Ghimoyo, pimpinan Holding Company Jhonlin Group. Beliau bercerita mulai dari kedekatannya dengan keluarga, berpetualang di alam liar, hingga Synergy Integrated, yang telah dicanangkannya di Jhonlin Group. Mengenal lebih dalam sisi personal ayah dari Karina (16 Thn), Farid (13Thn) dan suami dari Haslina. Istri yang selalu setia mendampingi beliau.

Jhonlin Group, Ghimoyo, CEO Jhonlin group, Kalimantan Selatan, Batulicin, h isamApa kabar pak, lagi sibuk apa sekarang?
Alhamdulillah baik, seperti biasanya, disibukkan pekerjaan sehari-hari. Menata beberapa aspek dalam induk perusahaan dan unit usaha, agar kedepannya lebih berkembang.

Bagaimana bapak membagi waktu antara perusahaan, keluarga dan untuk diri sendiri?
Saya lebih banyak menghabiskan waktu di perusahaan, layaknya karyawan lainnya. Namun, saya juga mempersiapkan waktu untuk keluarga. Jika off-day, saya mengajak anak-anak dan istri berpetualang di alam liar, mengunjungi tempat favorit kami. Kadang nggak perlu keluar rumah, duduk berpelukan bersama anak dan istri sambil nonton TV juga salah satu cara untuk menjaga kedekatan. Yang penting bersentuhan, skin to skin. Saya juga teratur menelepon anak-anak di waktu-waktu tertentu, dan curhat tentang apa yang sudah dialami mereka seharian.

Mengingat jadwal kerja bapak yang padat, bagaimana keluarga mensikapi hal itu?
Alhamdulillah, keluarga selalu mendukung saya, mendoakan agar saya terus mampu mengemban tanggung jawab yang diberikan perusahaan kepada saya. Istri dan anak udah terbiasa dengan jadwal kerja saya, jadi ga ada masalah. Toh apa yang saya lakukan demi mereka juga.

Seberapa penting keluarga bagi bapak?
Sangat penting sekali, keluarga nomor satu dalam urutan skala prioritas saya, mereka titipan Tuhan kepada saya, harus dijaga amanah yang diberikan kepada saya. Begitu pula halnya dengan tanggung jawab saya di perusahaan. Keluarga no.1, perusahan no.1.1. Bukan no.2.

Berbicara mengenai kesuksesan, apa makna kesuksesan bagi bapak?
Kesuksesan itu memiliki pengertian yang berbeda bagi setiap orang, bagi saya kesuksesan diukur seberapa besar kontribusi positif yang kita berikan ke keluarga, teman, perusahaan dan negara. Dan untuk mencapai kesuksesan tentunya dengan kerja keras dan usaha, dan yang lebih penting adalah mencintai dan menikmati apa yang telah kita dapatkan. Selalu bersyukur kepada Tuhan.
Baik pak, kita beralih ke Synergy Integrated. Mohon dijelaskan mengenai hal itu.
Saya mempunya misi untuk menyatukan segala aspek yang ada di unit usaha, mengerucut kepada Holding Company melalui integrated system and synergy. Integrated system kita ibaratkan sebagai kompleks rumah dan segala fasilitasnya yang terintegrasi dan terkoneksi satu dengan lainnya, nah sedangkan synergy adalah manusianya yang menempati kompleks tersebut yang harus dirawat dan terus menerus dikembangkan mulai dari hubungan antar penghuninya, kekompakan dalam menjaga keamanan dan kerjasamanya sehingga terciptanya suatu synergy yang harmonis.

Bagaimana caranya pak?
Dengan membenahi system management kerja yang ada dan dibantu oleh aplikasi penunjang, misalnya dengan adanya Ellipse system, membantu untuk menata system administrasi lebih teratur. Adanya kebijakan mutu sesuai standar ISO, membantu dalam meningkatkan pelayanan dan kwalitas kerja.

Upaya lain yang bapak lakukan dalam mewujudkan Synergy & Integrated system?
Konsolidasi bersama pemimpin perusahaan masing-masing unit usaha Jhonlin Group. Karena beliau-beliau itu adalah inti dari perusahaan, dimulai dari para pemimpinnya dulu. Adanya kesepahaman misi dalam tata kelola perusahaan.

Sejauh ini, sudah berapa persentase menuju Synergy & Integrated system?
Insya Allah, tahun 2014 sudah mulai jalan. Jadi untuk tahun-tahun kedepannya hanya tinggal membenahi dan mengembangkan unsur penunjang lainnya. Kita tidak mau ketinggalan dibelakang, visi menjadi perusahaan skala internasional harus terus menjadi prioritas. Untuk itu, tentunya pembenahan dan pengembangan harus terus berjalan.

Menyambut tahun baru, resolusi tahun 2014?
Sepertinya sudah terjawab..hehehe..tambahannya, ya, lebih kepada untuk diri sendiri dan keluarga aja, saya selalu mencoba mensugesti diri dengan input kedalam diri yang lebih positif, agar output yang saya keluarkan juga positif.

Last shout?
Don’t idolize the past, enjoyed present, not scared of future.