Bulan K3 Nasional 2014 Jhonlin Group

Filosofi dasar dari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah melindungi keselamatan dan kesehatan para pekerja dalam menjalankan pekerjaannya. Melalui upaya-upaya pengendalian semua bentuk potensi bahaya yang ada di lingkungan tempat kerja. Bila semua potensi bahaya telah dikendalikan dan memenuhi batas standar aman, maka akan memberikan kontribusi terciptanya kondisi lingkungan kerja yang aman, sehat dan proses produksi menjadi lancar, yang pada akhirnya akan dapat menekan risiko kerugian dan berdampak terhadap peningkatan produktivitas perusahaan.

Jhonlin Group, Bulan K3 Nasional 2014, Kalimantan Selatan, Batulicin, PT. Arutmin Indonesia, h isamKeselamatan dan Kesehatan Kerja hingga sejak tahun 2008 hingga saat ini masih menjadi salah satu obyektif yang harus dicapai di Jhonlin Group. Juga dengan mencermati perkembangan yang lain, seperti menjalankan proses perusahaan secara profesional, penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 – 2008, penerapan manajemen administrasi Ellipse System.

Sejak diberlakukannya Undang-Undang No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi R.I sebagai pemegang policy nasional di bidang K3, bersama para pemangku kepentingan telah melakukan berbagai upaya untuk mendorong pelaksanaan K3, melalui berbagai kegiatan antara lain kampanye, seminar, lokakarya, konvensi, pembinaan dan peningkatan kompetensi personil K3, pembentukan dan pemberdayaan lembaga-lembaga K3 baik tingkat nasional sampai dengan tingkat perusahaan, pemberian penghargaan K3, dan perbaikan-perbaikan sistem K3 secara berkelanjutan namun hasilnya belum optimal, hal ini ditandai dengan adanya kasus-kasus kecelakaan kerja di tempat kerja yang berakibat fatal sehingga menimbulkan kerugian moril dan materiil serta pencemaran lingkungan yang dampaknya sangat besar bagi tenaga kerja, pengusaha, maupun pemerintah.

Memperingati bulan K3 Nasional 2014 dengan tema pokok “Wujudkan Budaya K3 Untuk Menjamin Stabilitas Usaha Dalam Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional”. Jhonlin Group sebagai holding company dari beberapa unit usaha yang bergerak diberbagai bidang kerja, bekerja sama dengan PT. Arutmin Indonesia menggelar ragam kegiatan, dalam rentang waktu 12 Januari hingga 12 Februari 2014.

Common Law of Defence

Jhonlin group, Bulan K3 Nasional tahun 2014, Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, h isam Pandangan terhadap keselamatan kerja telah banyak berubah, dan perubahan tersebut telah terjadi dari masa ke masa. Perubahan pola pikir tersebut dapat dilihat dari sejarah perkembangan keselamatan dan kesehatan kerja. Pada awal sejarahnya, diawal revolusi industri, berlaku suatu hukum kebiasaan yang dikenal dengan nama “COMMON LAW OF DEFENCE”.

Pada saat itu apabila terjadi suatu kecelakaan, maka kecelakaan tersebut dipandang sebagai kesalahan pekerja saja, dengan perkataan lain pekerjalah yang selalu dianggap bersalah. Dalam perjalanannya, perubahan-perubahan yagn terjadi diberbagai negara di dunia ini, masing-masing negara mempunyai peraturan keselamatan dan kesehatan kerja. Peraturan tersebut pada umumnya dikeluarkan dalam bentuk hukum publik yang memerlukan pengawasan dari pihak pemerintah untuk pelaksanaannya, demikian pula di Indonesia, masalah keselamatan dan kesehatan kerja diatur dalam suatu peraturan dalam bentuk Undang-Undang Keselamatan Kerja, yang dikeluarkan dengan Lembaran Negara No. 1 Tahun 1970.

Sejarah Singkat K3 Nasional Di Indonesia

Jhonlin Group Kalimantan Selatan, Bulan K3 Nasional Tahun 2014, Ranah Bumbu, Batulicin, h isamUsaha penanganan keselamatan kerja di Indonesia dimulai pada tahun 1847 sejalan dengan pemakaian mesin uap untuk keperluan industri oleh pemerintah Hindia Belanda yang pengawasannya ditujukan untuk pencegahan kebakaran, belum tertuju pada perlindungan tenaga kerja yang berasal dari orang-orang yang dijajah, karena hal ini dianggap bukan merupakan suatu kepentingan masyarakat oleh pemerintah yang menjajah.

Pada tanggal 28 Pebruari 1852 pemerintah Hindia Belanda mengeluarkan STBL. No. 20 yang mengatur tentang pelaksanaan keselamatan kerja pada pemakaian pesawat uap, yang pelaksanaannya diserahkan pada instansi DIENST VAN HET STOOMWEZEN yang sekaligus pelaksanaan pengawasannya sudah tertuju pada perlindungan tenaga kerja.

Pada abad 19 dengan pemakaian pesawat uap yang meningkat pesat, disusul pemakaian mesin diesel dan listrik di industri pengolahan, menyebabkan timbulnya bahaya baru bagi para pekerja dan banyak terjadi kasus kecelakaan kerja. Pada tahun 1905 dengan STBL No. 521 oleh pemerintah Hindia Belanda dikeluarkan peraturan tentang keselamatan kerja dengan nama “VEILIGHIED REGLEMENT” atau disingkat VR, yang diperbarui pada tahun 1910 STBL. No. 406b dan selanjutnya dikeluarkan Undang-Undang dan Peraturan-Peraturan Khusus yang terakhir pada periode ini adalah peraturan Menteri Tenaga Kerja RI. No. 65 Tahun 1969 tentang Penyelenggaraan Kursus/Latihan Kader Keselamatan Kerja.

Bulan K3 Nasional 2014 Jhonlin Group

Menerapkan Budaya K3 Di Wilayah Operasional Jhonlin Group

Jhonlin Group Kalimantan Selatan, Bulan K3 Nasional Tahun 2014, Ranah Bumbu, Batulicin, h isamMemperingati bulan K3 Nasional 2014, Jhonlin Group bersama PT. Arutmin Indonesia menggelar berbagai kegiatan dengan mengambil tema “Menerapkan Budaya K3 Di Wilayah Operasional Jhonlin Group“.

Upacara Bulan K3 Nasional 2014

Jhonlin Group Kalimantan Selatan, Bulan K3 Nasional Tahun 2014, Ranah Bumbu, Batulicin, h isam   Bulan K3 merupakan momen untuk mengingatkan seluruh lapisan masyarakat, baik masyarakat umum maupun industri, organisasi profesi, asosiasi dan lain-lain agar dapat termotivasi untuk berperan aktif dalam peningkatan pemasyarakatan K3 sehingga tercipta pelaksanaan K3 secara mandiri dan dapat mendukung pencapaian ”Indonesia Berbudaya K3 Tahun 2015”.

Jhonlin Group Kalimantan Selatan, Bulan K3 Nasional Tahun 2014, Ranah Bumbu, Batulicin, h isamSetiap tahunnya beragam kegiatan dilaksanakan dalam bulan K3 Nasional, beberapa diantaranya seperti upacara peringatan Hari K3, Lomba cerdas cermat, First Aid, Olahraga seperti Futsal, Badminton dan Tennis meja. PT. Jhonlin Baratama bekerjasama dengan PT. Arutmin Indonesia menggelar upacara bulan K3 nasional di halaman kantor PT. Jhonlin Baratama site Sungai Dua yang dihadiri oleh Sekretaris daerah Tanah Bumbu, Disnaker Tanah Bumbu, Jajaran direksi unit usaha Jhonlin Group dan karyawan PT. Arutmin Indonesia dan sub contractor. Setelah pembacaan Kebijakan K3LH PT. Jhonlin Baratama dan Kebijakan K3LH PT. Arutmin Indonesia, dilanjutkan dengan pemberian penghargaan K3 dengan berbagai kriteria kepada karyawan PT. JB. Marching band SMP Negeri 1 Batulicin juga turut memeriahkan gelaran upacara K3 Nasional ini. Begitu juga dengan Jhonlin Fire and Recue turut mempertontonkan kepiawaian mereka dalam tanggap kebakaran dan kecelakaan.

Jhonlin Group Kalimantan Selatan, Bulan K3 Nasional Tahun 2014, Ranah Bumbu, Batulicin, h isamFahrial, Direktur Utama PT. Jhonlin Baratama saat memberikan sambutan mengatakan “Mari kita jadikan K3 sebagai kebutuhan kita untuk masa depan yang lebih baik, kepada seluruh karyawan PT. Jhonlin Baratama, kontraktor, subcontractor maupun tamu yang berkunjung ke wilayah kerja PT. Jhonlin Baratama agar dapat mematuhi aturan-aturan K3 yang ada di wilayah kerja PT. Jhonlin Baratama”.

Jhonlin Group Kalimantan Selatan, Bulan K3 Nasional Tahun 2014, Ranah Bumbu, Batulicin, h isam

Jhonlin Group Kalimantan Selatan, Bulan K3 Nasional Tahun 2014, Ranah Bumbu, Batulicin, h isamHal senada juga diungkapkan Umar Hadi KTT PT. Arutmin Indonesia Batulicin “Terima kasih kepada Jhonlin Group khususnya PT. Jhonlin Baratama yang telah men-support secara penuh kegiatan ini. Semoga momentum bulan K3 nasional 2014 ini dapat kita jadikan sebagai salah satu upaya untuk menjadi lebih baik lagi. Semoga ke depan kita bisa mewujudkan budaya kerja yang aman dan terhindar dari resiko kerja sehingga dapat meningkatkan produktivitas perusahaan”.

Penghargaan Bulan K3 Nasional 2014 Jhonlin Group

Jhonlin Group Kalimantan Selatan, Bulan K3 Nasional Tahun 2014, Ranah Bumbu, Batulicin, h isamPenyerahan penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Zero LTI (Lost time Injury) diberikan langsung oleh Umar Hadi KTT (Kepala Teknik Tambang) PT. Arutmin Indonesia kepada PT. Jhonlin Baratama. Sementara itu, Departement terbaik diberikan kepada Coal Hauling Departement yang diwakili oleh Junaidi, penghargaan diserahkan oleh Sutarno Direktur Operasional PT. Jhonlin Baratama, kemudian individu terbaik diberikan kepada Junaidi dari Coal Hauling Departement, Syahruddin Section Head Fuel, Jahri Operator HD Mining Dept, H Ali Mukti Operator HD, Ridwan Foreman Truck, LV, Bus Plant & Maintenance Dept, Feri Susanto Helper Mechanic yang diberikan langsung oleh Fahrial Direktur Utama PT. Jhonlin Baratama kemudian Subcontractor terbaik diberikan langsung oleh perwakilan dari PT. Arutmin Indonesia kepada PT. Trakindo Utama.

Seperti yang diungkapkan Irfan dari PT. Arutmin Indonesia “Ini prestasi yang sangat baik bagi PT. Jhonlin Baratama yang telah melewati 184 hari tanpa LTI atau sekitar 126.727 jam tanpa LTI.Semoga semua pihak yang terkait berkewajiban berperan aktif sesuai fungsi dan kewenangannya untuk melakukan berbagai upaya dibidang K3 secara terus menerus, berkesinambungan dan menjadikan K3 sebagai bagian budaya kerja disetiap kegiatan dan yang pasti dapat mempertahankan prestasinya sehingga berdampak pada peningkatan produktivitas”.

Agenda Acara Bulan K3 Nasional 2014

Safety Driving
Safety driving menggunakan kendaraan ringan 4 roda. Kegiatan penilai: Kontraktor dan subkontraktor mengirimkan 3 personil. Kontraktor mengajukan 3 peserta ke Panitia untuk dilakukan penilaian. Teknis perlombaan seperti pelaksaan test KIMPER. Pemenang akan diberikan peiagam penghargaan.

Futsal
Tiap kontraktor atau subkontraktor makimal 2 tim. Sistem pertandingan adalah sistem gugur ditentukan dalam peraturan panitia. Pemenang juara 1,2 dan 3 akan diberikan Tropi dan piagam penghargaan

Badminton
Tiap kontaktor atau subkontraktor maksimal 2 tim ganda (4 orang). Sistem pertandingan adalah sistem gugur ditentukan dalam peraturan panitia. Pemenang juara 1,2 dan 3 akan diberikan mendali dan piagam penghargaan.

Tenis Meja
Tiap kontaktor atau subkontraktor maksimal 2 tim ganda (4 orang). Sistem pertandingan adalah sistem gugur ditentukan dalam peraturan panitia. Pemenang juara 1,2 dan 3 akan diberikan mendali dan piagam penghargaan.

Senam Pagi Jantung Sehat
Pesertanya dari seluruh karyawan Jhonlin Group dan Unit Usaha serta masyarakat sekitar perusahaan. Seluruh Peserta diberikan nomor undian untuk mendapatkan door prize di akhir acara. Tanggal pelaksaan 26 Januari 2014 di Halaman Jhonlin Fitnes Centre

Cerdas Cermat
Merupakan perwakilan dari kontraktor/subkontraktor maksimal 2 tim dan setiap tim harus teridiri atas 3 orang. Personil SHE tidak diperbolehkan ikut sebagai peserta dalam kegiatan. Pemenang akan diberikan piagam penghargaan. Simpatik Supir 2014
Kegiatan: Pemberian penjelasan “Keselamatan Mengendarai DT”. Memberikan stiker pada unit dan pekerja. Pelaksaan kegiatan Dept. SHE PT. Arutmin Indonesia dan kontraktor beserta subkontraktor hauling.

Penyuluhan K3L di SD Lingkar Tambang
Kegiatan ini memberikan materi dasar K3 kepada anak-anak SD di sekitar area operasional PT. Arutmin Indonesia Tambang Batulicin.
Materi yang diberikan berupa:
1. Dasar-dasar K3
2. PHBS
Setiap akhir penyampaian materi akan diberikan souvenir alat tulis

Refresh Induction K3L 2014
Kegiatan ini memberikan penyegaran kembali pengetahuan dan wawasan K3 kepada karyawan.
Materi yang diberikan berupa:
1. Materi gambaran K3L tahun 2011-2013
2. Program K3L
3. Pemutaran Film K3
Setiap akhir penyampaian materi akan dievaluasi dan pemasangan sriker sebagai tanda telah mengikuti refresh induksi tahun 2014. Karyawan yang wajib mengikuti kegiatan ini adalah orang yang telah bekerja dan telah diterima kerja di kontraktor/subkontraktor hingga tanggal 15 Februari 2014

House Keeping System 5S Workshop
Kegiatan penilaian: Workshop/catering antar kontraktor PT. Arutmin Indonesia Tambang Batulicin. Workshop antar Subkontraktor PT. Arutmin Indonesia Tambang Batulicin. Penilaian berdasarkan appapan penanggung jawab area, Dokumen IUJPU sistem 5S tersedia dan bagi catering, memelihara kebersihan dan kerapian lokasi kerja, teredia tempat sampah yang memadai, memiliki area parker, instalasi listrik yang baik dan benar, dan tersedia rambu/sign sesuai kegunaannya. Setiap workshop yang telah dinilai akan dilakukan pergantian dan pemberian sertifikat.

Coal Hauling Departement Terbaik Dan Individu Terbaik Penerapan K3

Jhonlin Group Kalimantan Selatan, Bulan K3 Nasional Tahun 2014, Ranah Bumbu, Batulicin, h isamDepartemen Coal Hauling PT. JB mendapatkan dua penghargaan ekaligu di upacara Bulan K3 Naional 2014. Sebagai Departemen Terbaik dan Inividu Terbaik dalam penerapan K3LH selama tahun 2013. Penghargaan diterima oleh Junaidi Ikut, Manager Coal Hauling “Kami hanya bekerja sesuai dengan SOP dan biarkan orang lain yang menilai apa yang kami kerjakan. Terima kasih untuk penghargaan yang telah diberikan. Semoga apa yang saya dan kami dapatkan dapat memotivasi teman-teman lainnya untuk lebih baik lagi”. Menurut Alvin dari SHE Jhonlin Group “Penghargaan ini diberikan kepada Junaidi Ikut dan Coal Hauling Dept. karena peran dari individu maupun departemen yang terkait sangat besar dalam membantu penerapan implementasi K3LH di lingkungan kerjanya”.

Apa Kata Mereka ?

Jhonlin Group Kalimantan Selatan, Bulan K3 Nasional Tahun 2014, Ranah Bumbu, Batulicin, h isamFahrial, Direktur Utama PT. Jhonlin Baratama
Saya sangat bangga dari tahun ke tahun implementasi K3LH di unit usaha Jhonlin Group semakin maju. Terlebih lagi pelaksanaan peringatan bulan Ini pertama kalinya upacara K3 Nasional diadakan di PT. JB, semoga tahun-tahun berikutnya kita bisa melaksanakannya lebih meriah lagi. Semoga para karyawan dapat menjadikan K3 sebagai kebutuhan karena K3 merupakan juga tanggung jawab masing-masing karyawan.

Jhonlin Group Kalimantan Selatan, Bulan K3 Nasional Tahun 2014, Ranah Bumbu, Batulicin, h isamSutarno, Direktur Operasional PT. Jhonlin Baratama
Upacara K3 Naional dapat dijadikan momentum untuk menjadi lebih baik, dimana perhatian terhadap K3 terus ditingkatkan.Semoga peringatan bulan K3 nasional ini menjadikan kita lebih peduli. Apalagi saat ini PT. Jhonlin Baratama memperoleh penghargaan Zero Lost Time Injury, ini merupakan prestasi yang sangat baik dan perlu ditingkatkan.

Jhonlin Group Kalimantan Selatan, Bulan K3 Nasional Tahun 2014, Ranah Bumbu, Batulicin, h isamMuhamad Djalil, Manager HR PT. Jhonlin Baratama
Ini sangat baik, keterlibatan semua unit usaha Jhonlin Group beserta PT. Arutmin Indonesia dapat melaksanakan ini dengan meriah. Semoga momentum ini dapat memberikan kesadaran, kalau semua karyawan berperan aktif dalam peningkatan K3 sehingga dapat mendukung program pemerintah “Indonesia berbudaya K3 di tahun 2015”.

Jhonlin Group Kalimantan Selatan, Bulan K3 Nasional Tahun 2014, Ranah Bumbu, Batulicin, h isamDrs. Said Ahmad MM, Sekretaris Daerah Tanah Bumbu
Terima kasih atas niat baik PT. Jhonlin Baratama dan PT. Arutmin Indonesia terhadap karyawan untuk menjadikan momentum bulan K3 sebagai upaya untuk merefleksikan apa yang telah dijalani. Kami dari pemerintah daerah terus melakukan penyuluhan hukum dan pengawasan melalui Dinas Tenaga Kerja. Mudah-mudahan perusahaan yang ada di Tanah Bumbu dapat menjadikan K3 sebagai budaya kerjanya.

Jhonlin Group Kalimantan Selatan, Bulan K3 Nasional Tahun 2014, Ranah Bumbu, Batulicin, h isamUmar Hadi, KTT PT. Arutmin Indonesia Batulicin
Pelaksanaan bulan K3 tahun ini sangat meriah, terima kasih kepada PT. Jhonlin Baratama yang telah mensupport secara penuh kegiatan ini.PT. Jhonlin Baratama sebagai kontraktor sudah memiliki sistem yang bagus dalam pengelolaan K3. Momentum bulan K3 ini merupakan salah satu upaya untuk melihat sejauh mana implementasi K3LH di perusahaan.

Jhonlin Group Kalimantan Selatan, Bulan K3 Nasional Tahun 2014, Ranah Bumbu, Batulicin, h isamAhmad Raihani, Kabid Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan Dinas Sosial Tenaga Kerja & Transmigrasi Kab Tanah Bumbu
Terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan Jhonlin Group melalui PT. Jhonlin Baratama menyelenggarakan peringatan bulan K3 nasional tahun ini. Bulan K3 merupakan momentum untuk mengintrospeksi diri kita agar pelaksanaan kegiatan perusahaan berbasis keselamatan dan kesehatan kerja.

Jhonlin Group Kalimantan Selatan, Bulan K3 Nasional Tahun 2014, Ranah Bumbu, Batulicin, h isamAgus Umar, Sekertaris Dinas Pertambangan Kab. Tanah Bumbu
Saya kira ini konfigurasi yang bagus antara Jhonlin Group dan PT. Arutmin Indonesia dalam memperingati bulan K3 Nasional tahun 2014.Kalau bisa peringatan ini di lakukan semua perusahaan yang ada di Tanah Bumbu sehingga lebih ramai lagi dan mempererat silahturahmi antar karyawan maupun perusahaan.