Donor Darah Karyawan PT. Jhonlin Baratama

Donor Darah PT Jhonlin Baratama

Simbiosis mutualisme, Itulah yang kita rasakan jika melakukan donor darah, sebab setiap tetes darah yang kita sumbangkan tidak hanya dapat memberikan kesempatan hidup bagi  yang menerima tetapi juga memberikan manfaat bagi pendonornya. Anggapan yang menyatakan mendonor darah bisa membuat kita menjadi lemas adalah salah. Saat kita mendonorkan darah, maka tubuh akan bereaksi langsung dengan membuat penggantinya. Jadi, kita tidak akan mengalami kekurangan darah. Selain membuat tubuh memproduksi darah baru, mendonor darah merupakan perbuatan yang mulia karena dapat menyelamatkan banyak nyawa. Sayangnya masih banyak orang yang enggan mendonorkan darah karena percaya mitos yang keliru seputar donor darah. Diantaranya mendonorkan darah membuat jumlah darah berkurang dan jangan sering mendonorkan darah karena akan membuat tubuh lemah.

Padahal dengan donor dapat meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat tubuh, mendapatkan kesehatan psikologis, mendeteksi penyakit serius. Sebab untuk kita, ini adalah “rambu peringatan “ yang  baik agar lebih perhatian terhadap kondisi kesehatan sendiri. Hal inilah yang membuat beberapa orang ragu atau takut untuk menyumbangkan darahnya demi keselamatan hidup orang banyak.

Donor Darah PT Jhonlin Baratama

Hidup adalah anugerah dan berkat dari Tuhan, inilah sepenggal ungkapan yang menjadi motivasi bagi seorang Ibu yang terbaring sakit kekurangan darah di RSUD Tanah Bumbu 25 Mei 2012. Numila 40 tahun yang mengalami pendarahan membutuhkan darah A untuk operasi yang akan di jalaninya. Siang itu beberapa teman-teman dari PT. Jhonlin Baratama berangkat mendonorkan darahnya. Kegiatan donor ini sering dilakukan oleh karyawan apabila ada pasien RSUD Amanah Husada ada yang membutuhkan darah.

“Kegiatan ini mengajarkan masyarakat, khususnya para karyawan untuk mendonorkan darah, sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. Menurutnya karyawan tidak hanya sekedar menyumbangkan darahnya, namun juga memperlihatkan bahwa mereka punya kepekaan, jiwa sosial yang tinggi, dan kepedulian terhadap sesama apalagi donor darah merupakan salah satu bentuk tindakan sosial yang sangat mulia dan tidak mengenal pamrih “, Kata Joko salah satu karyawan PT. Jhonlin Baratama yang ikut mendonor.

Ditambahkannya mudah-mudahan karyawan lain dapat ikut juga dan mereka antusias untuk menyumbangkan daranya, apalagi kegiatan ini bisa dilakukan di sela sela jam kerja sehingga menjadi lebih efektif dan tidak menggangu aktivitasnya”. Hal yang sama dikatakan Firda salah satu pendonor, “Asik juga bisa kerja sambil beramal dengan semangat dia mengucapkan rasa syukurnya karena dapat membantu orang lain”. Karena dengan mendonor kita bisa membantu sesama dan bermanfaat positif juga bagi kesehatan tubuh kita sendiri. Mudah mudahan kita senantiasa terdorong untuk saling berbagi dalam hal apapun. Sebab hidup ini bukan buat kita tapi buat orang di sekeliling kita. jadi mulai hari ini lakukanlah hal yang bermanfaat, jadilah seorang penolong di saat mereka membutuhkan. Hal ini mengajarkan kita bagaimana menjadi bagian dari hidup orang lain. Ketika kita ikhlas melakukan suatu hal kecil yang berdampak besar bagi mereka yang  membutuhkan. Terlebih lagi hal kecil itu merupakan ibadah yang sepatutnya dilakukan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s