TANAH BUMBU:Berpagar Laut, Berbatas Hutan, Tanah Impian Bagi Anak Negeri

Bumi Tanah Bumbu telah memberikan berbagai peluang bagi PT. Jhonlin Baratama untuk mengembangkan bisnis. PT.JB memiliki kewajiban moral untuk memastikan bahwa kehadiran PT. JB terus memberikan manfaat bagi masyarakat yang telah menerima dan mendukungnya.

Kabupaten Tanah Bumbu merupakan Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan yang terletak persis di ujung tenggara Pulau Kalimantan, memiliki luas wilayah sebesar 5.066,96 km2.

Kabupaten Tanah Bumbu adalah sebuah daerah yang memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah, baik SDA yang dapat diperbaharui (Nabati dan Hewani) maupun SDA yang tidak dapat diperbaharui seperti batu bara, batu pualam, pasir kuarsa, Emas, biji besi dan beberapa bahan tambang lainnya. SDA yang berasal dari fosil, bijih maupun mineral sebagian masih tersimpan di alam. Beberapa wilayah yang memiliki potensi sumber daya alam yang memiliki  nilai ekonomis tinggi diantaranya kota Batulicin , Kecamatan  Satui, Kusan Hulu, Karang Bintang, Mantewe dan beberapa daerah lainnya. Namun, Karena masih terkendala pemanfaatan dan pemasaran, belum semua cadangan devisa tersebut bisa digarap, kecuali batu bara yang menjadi primadona bagi para pengusaha hal ini dapat menambah  Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Selain batu bara, kontribusi sektor perkebunan dan pertanian juga cukup berperan bagi peningkatan PAD KabupatenTanah Bumbu. Sektor perkebunan yang mempunyai prospek cerah dan sudah- -dibudidayakan oleh masyarakat yang bekerja sama dengan pihak perusahaan ataupun investor antara lain perkebunan karet dan kelapa sawit. Keberadaan SDA ini  sangat membantu program pemerintah daerah. Dalam  bidang peningkatan kesejahteraan masyarakat. karena dengan dibukanya investasi pada sektor pertambangan akan mengurangi angka pengangguran karena terbukanya lapangan pekerjaan. Sebuah upaya peningkatan kesejahteraan melalui berbagai SDA yang terdapat di tanah kita ini.

Mari kita terus berjuang untuk kebaikan Kalsel tanpa keluar dari ketentuan dan peraturan. Biarlah semua berjalan sesuai ketentuan, tidak perlu menuntut secara berlebihan apalagi saling intervensi satu sama lainnya. Sumber daya alam hasil penambangan memiliki beragam fungsi bagi kehidupan manusia, seperti bahan dasar infrastruktur, kendaraan bermotor, sumber energi, maupun sebagai perhiasan. Berbagai jenis bahan hasil galian memiliki nilai ekonomi yang besar dan hal ini memicu eksploitasi sumber daya alam. Mudah mudahan kita dapat mengelolah berkah potensi SDA ini dengan baik apalagi perjalanan kita semua masih panjang. Dengan adanya berbagai potensi yang menjadi–devisa diharapkan dan mengurangi angka pengangguran dan para pemuda khususnya di Tanah Bumbu ini mereka dapat bekerja serta tidak ada lagi pengangguran. Yang paling penting  upaya pemeliharaan dan perbaikan harus tetap dilakukan agar apa yang di dapatkan hari ini nantinya bisa dinikmati oleh saudara saudara kita lainnya.

PT. Jhonlin Baratama adalah perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan batubara, merupakan salah satu perusahaan anak negeri Tanah Bumbu yang telah banyak memberikan kontribusi bagi masyarakat Tanah Bumbu, dari sektor ketenaga kerjaan,    PT. Jhonlin Baratama menyedot ratusan pemuda pemudi Tanah Bumbu yang dipekerjakan di perusahaan lokal ini.

Bumi Tanah Bumbu telah memberikan berbagai peluang bagi PT. Jhonlin Baratama untuk mengembangkan bisnis, oleh karenanya, PT.Jhonlin Baratama memilikikewajiban moral untuk memastikan bahwa kehadirannya di Tanah Bumbu terus memberikan manfaat bagi masyarakat yang telah menerima dan mendukungnya.

Melalui berbagai program yang berbasiskan pertanggung jawaban perusahaan terhadap masyarakat, salah satunya. PT.Jhonlin Baratama telah mengucurkan dana untuk mendukung program Corporate Social Responsibility per-tahunnya.

PT. Jhonlin Baratama melalui ketaatan pembayaran pajak juga telah memberikan kontribusi yang lebih bagi pembangunan daerah, khususnya Kabupaten Tanah Bumbu. Pula, turut mendukung berbagai program pemerintahan daerah Kabupaten Tanah Bumbu, seperti pembangunan jalan raya yang bekerja sama dengan dinas PU Kabupaten Tanah Bumbu, dan melalui Jhonlin Lestari turut pula bekerja sama dengan BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Kalimantan Selatan dalam pelestarian satwa langka dan dilindungi serta satwa khas asli Kalimantan Selatan, saat ini Jhonlin Lestari dalam tahap pembangunan, setidaknya butuh waktu kurang lebih 3 tahun dalam pembentukannya, dan iya, tentu nantinya dengan keberadaan Jhonlin Lestari akan menambah daya tarik wisata Tanah Bumbu baik bagi masyarakat Tanah Bumbu dan kalimantan Selatan, hingga masyarakat Indonesia pada umumnya, karena salah satu nilai tambah dari keberadaan Jhonlin Lestari nantinya akan menjadi satu-satunya obyek wisata satwa yang ada di Pulau Kalimantan.

Semakin jelas sudah, bahwa potensi alam kabupaten Tanah Bumbu jika diolah dengan baik, pastinya akan memberikan dampak yang baik pula bagi kepentingan banyak masyarakat. Tanah Bumbu negeri berpagar laut dan berbataskan hutan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s