Plant People Development, BASIC MECHANIC COURSE Pt.1

Plant People Development adalah salah satu section yang ada didalam Plant & Maintenance Departement  P&M Dept.)   PT. Jhonlin Baratama, bertanggung jawab membangun dan mengembangkan karakter semua personel  P&M Dept.t terkait dengan job description personel.

Karakter yang dimaksud disini  adalah mempunyai kompetensi serta keahlian dibidangnya, sebagai contoh, seorang Mekanik harus mengetahui ilmu dasar ke-mekanik-an serta ilmu yang sifatnya keahlian (advance), seorang Administrator harus mempunyai dasar ilmu administrasi. Proses ini tentunya bukan suatu proses yang pendek, akan tetapi ini adalah suatu proses jangka panjang yang berkesinambungan dan terus berkelanjutan  mengingat dunia iptek terus berkembang setiap waktu.

Personel P&M Dept. khususnya tidak boleh tergilas oleh perkembangan zaman ini, sehingga membuat suatu kesalahan dalam bertindak , membuat strategi dan perencanaan yang kurang akurat dan mengganggu kinerja main job utama P&M Dept. yaitu merencanakan, membuat dan menjalankan proses perawatan (maintenance) yang baik dan benar serta efektif dan efisien,  mengacu dan sesuai dengan OMM (operation and maintenance manual) dan adanya proses acceptance dari user sebagai pengguna unit.

Kegiatan yang dilakukan PPD baru-baru ini dan sampai saat ini terus berlanjut yaitu diadakannya pelatihan BMC 1 (basic mechanic course 1), dengan sarana yang sangat minim pelaksanaan training ini bisa dilaksanakan dengan baik tanpa mengurangi tujuannya, yaitu memberikan pembekalan tentang ilmu dasar ke-mekanik-an kepada seluruh mekanik, mulai dari basic engine,basic power train, basic hydraulic dan basic electri, serta ilmu dasar lain yang bisa menambah pengetahuan Mekanik guna membantu dalam proses pemecahan masalah (trouble shooting) yang dihadapi dalam melakukan aktifitas kesehariannya. Pelatihan ini juga berfungsi untuk meminimalisir kesalahan yang dilakukan oleh Mekanik dalam bertindak.

Populasi peralatan utama penunjang kegiatan  operasional perusahaan saat ini dihuni oleh unit unit keluaran terkini, kondisi ini harus ditunjang oleh kesiapan kita dalam melaksanakan proses perawatan serta perbaikan, dan kita harus tahu tentang tindakan serta perlakuan yang harus kita berikan terhadap unit, ini semua memerlukan  pelatihan sebagai proses pembelajaran yang berfungsi mengenal sifat dan karakteristik dari peralatan secara lebih detail.
PPD akan menyelenggarakan jadwal pelatihan yang padat hingga 1 tahun kedepan, melibatkan seluruh personel P&M Dept, tetapi dalam jadwal

pelaksanaannya tetap tidak mengganggu kegiatan sehari hari P&M Dept dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Beberapa kegiatan yang akan dilakukan hingga 1 tahun kedepan misalnya BMC 1, BMC- 2 , MSL 1 (Mechanic skill level- 1), MSL 2 , Training Product- Knowledge – dari semua tipe unit yang dimiliki PT.JB saat ini. Khusus untuk Training Product   Knowledge, PPD akan bekerja sama dengan vendor/dealer untuk melaksanakan training ini.

PPD sendiri mulai dibentuk dan berdiri bersamaan dengan momentum Launching Ellipse System Januari 2012 silam, yang mana sistem ini telah di-implementasikan sebagai system operational  yang terintegrasi bagi perusahaan. ( Oleh: Dedy Ariawan )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s