Idul Adha 10 Dzulhijjah 1432 H, 10 Ekor Sapi Limousin di Qurban-kan

Dua dari 10 ekor Sapi Limousin yang di Qurbankan.
“Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir, apabila ia ditimpa kesusahaan ia akan berkeluh kesah, dan apabila ia mendapat kebaikan ia menjadi amat kikir. Kecuali orang-orang yang mengerjakan shalat, dan orang-orang yang dalam hartanya tersedia bagian tertentu, bagi orang (miskin) yang meminta dan orang yang tidak mempunyai apa-apa (yang tidak mau meminta)”. (Surat Al-Ma’arij [70] ayat 19-25)
Lambat laun area pepohonan yang tepatnya berada disamping danau bekas kandang Rusa milik PT. Jhonlin Group semakin dipadati oleh kerumunan  bapak-bapak, ibu dan anak-anak. Berdiri sabar menyaksikan gerombolan sapi yang sebentar lagi dagingnya akan mereka santap.
Bergantian, 10 ekor sapi jenis Limousin milik PT. Jhonlin Group disembelih untuk kemudian dagingnya dibagikan kepada seluruh pegawai perusahaan grup Jhonlin. Menurut Bp. Emmanuel selaku Manager Farm “10 ekor sapi yang disumbangkan untuk seluruh pegawai grup Jhonlin berjumlah total kira-kira 3500-an Kg, dengan berat masing-masing per-ekornya antara 650 – 800 Kg” ujar Pak Noel, panggilan akrab Bp. Emmanuel. Beliau menambahkan “saat ini sapi jenis Limousin yang masih tersisa di kandang total 13 ekor, sapi jantan 5 ekor dan sapi betina yang tersisa masih ada 8 ekor lagi”.

Ibadah kurban merupakan suatu kegiatan penyembelihan hewan ternak yang dilakukan pada tanggal 11, 12 dan 13 Zulhijjah atau disebut juga hari tasyrik / hari raya haji / lebaran haji / lebaran kurban / Idul Adha dengan niat hanya untuk beribadah kepada Allah SWT.

Hukum ibadah qurban adalah sunat muakkad atau sunah yang penting untuk dikerjakan. Waktu pelaksanaan acara qurban adalah dari mulai matahari sejarak tombak setelah sholat Idul Adha tanggal 10 bulan haji sampai dengan matahari terbenam pada tanggal 13 bulan haji.
Grup Jhonlin setiap tahunnya telah mempersiapkan beberapa ekor sapi untuk di Qurbankan “tahun 2012 nanti kita juga telah mempersiapkan beberapa ekor sapi, termasuk satu ekor sapi yang beratnya saat ini 900 Kg, diharapkan tahun depan sudah mencapai 1 Ton beratnya” ujar Pak Noel memaparkan.
Sementara panitia Qurban diambil dari masing-masing perwakilan dari perusahaan Grup Jhonlin, merekabertanggung jawab untuk menyerahkan sumbangan daging keseluruh pegawai perusahaannya masing-masing.
Dengan keiklasan, tanpa pamrih, sumbangan diserahkan keseluruh pegawai grup Jhonlin, tepat sebelum matahari terbenam. H.Syamsuddin Arsyad selaku Owner perusahaan grup Jhonlin juga turut hadir dan memberikan arahan kepada panitia demi kelancaran proses pembagian daging sapi. Didampingi oleh Pak Noel dan Bp. Rizal Akbar selaku Manager GA Dept.

“semoga apa yang kita sumbangkan ini mendatangkan berkah bagi kita semua, seperti yang di sunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umatnya” ujar Bp. Rizal Akbar sembari menyisir pandangan ke area tempat sapi di Qurbankan yang sudah terlihat lengang. (RP)

Proses penimbangan daging Sapi.
Daging Sapi yang telah dipilah dan siap dibagikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s