SMART DRIVING coaching clinic

“Jika saat berkendara anda menerima panggilan telpon dari HP ataupun SMS, segera pinggirkan kendaraan anda, dan terima telpon atau baca SMS nya, jangan sekali-kali anda menerima telpon apalagi membaca SMS saat anda berkendara, jika perlu, matikan HP sebelum berkendara, atau HP yang akan ‘mematikan’  anda nanti..” (Momon S Maderoni, Trainer Smart Driving)
Area seluas kurang dari satu hektar itu disulap menjadi arena Off-Road, berlumpur, tanjakan dan gundukan yang didisain sedemikian rupa menyerupai track Off-Road, bahkan lintasan yang digenangi air setinggi setengah meter pun disiapkan untuk Smart Driving Coaching Clinic yang digelar pada 14 September 2011 silam.
Peserta yang berjumlah kurang lebih 30 orang, yang berasal dari perwakilan berbagai Departement yang di PT.JB. Pagi harinya dibekali dengan materi teori tentang Smart Driving (mengemudi dengan cerdas); Bagaimana mengemudi secara Defensive (Berkendara dengan selamat melalui cara menghindari terjadinya kecelakaan), Mengemudi Safety (Berkendara aman dengan meningkatkan skill berkendara dan mampu mengambil keputusan yang tepat dalam mengatasi tterjadinya kecelakaan) dan Eco Driving (Berkendara dengan orientasi

Tepat setelah istirahat makan siang, peserta diberikan materi lapangan menghadapi medan Off-Road, “mengingat lokasi kerja yang memungkinkan pegawai akan mengalami hambatan jalan seperti itu saat operasional kerja” kata Bp. Hatim Anazar Head Pool & LV PT. JB. Bergilir, 3 unit LV yang digunakan dalam arena Off-Road dikendarai secara hati-hati oleh peserta. Peserta semakin antusias bercampur dengan degup jantung yang berpacu saat melintasi arena Off-Road, seperti yang disampaikan oleh Bp. Efgars WS selaku SHE Supervisor “Coaching ini cukup membantu menambah pengetahuan kita tentang bagaimana mengemudi yang aman”, lain halnya dengan yang disampaikan oleh Bp. Dwi Prasetyo, Supt. HE Scheduller & Deployment “arenanya masih kurang menantang, mengingat kondisi real dilapangan kita lebih dari itu, dan harusnya, peserta saat dilapangan dilepas saja, tidak perlu digaet oleh Trainernya”.

Smart Driving Coaching Clinic ini diprakarsai oleh PT. Sumber Berlian Motors Group (Dealer Mitsubishi), PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motor (Agen Tunggal pemegang merk Mitsubishi), PT. Citra Rakata Protama (Training provider, Vehicle Management Consulting) dan bekerja sama dengan Divisi Pool dan LV GA Dept PT. Jhonlin Baratama. Dengan Momon S Maderoni sebagai Trainer
“PT.JB telah menggunakan lebih dari 30 unit LV Strada Triton, olehnya PT.JB terpilih sebagai perusahaan yang kita tuju untuk pelaksanaan Coaching ini, selain itu PT.SBM dan team Strada Triton KTB akan dengan senang hati membantu kegiatan safety driving PT. JB” Bp. Herry Winarko selaku Coord. Service Dept. PT. SBM menyampaikan saat ditanya mengenai alasan mengapa Coaching ini dilaksanakan di area kerja PT.JB.
Ditambahkan oleh Bp. Momon SM “dasar kesadaran perlunya dilakukan coaching ini adalah, menghindari kecelakaan kerja yang dapat menurunkan produktifitas dan proses kerja, kerugian material secara sia-sia, hilangnya nyawa, dan reputasi perusahaan yang memburuk akibatnya. Bahkan, 60.2% penyebab kemiskinan adalah di akibatkan oleh kecelakaan kerja dan kecelakaan kendaraan lalu lintas”
Oleh karenanya, jadilah pengendara yang cerdas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s