Jhonlin Security Service

Tangkas, Tangguh dan Tanggung Jawab

“Kita telah merekrut hampir dari seluruh pemuda Batulicin hingga ke Banjarmasin untuk mengikuti pelatihan pendidikan dasar sekuriti ini, nantinya mereka yang lolos seleksi pelatihan ini akan bergabung bersama Jhonlin Security Service” Ujar Bp. Ronny, Selaku Direktur Pelatihan dari Detasemen 235 Bandung, ketika ditemu di Camp konsentrasi pelatihan Jhonlin Secutiy Service (JSS). “saat ini, kita masih membutuhkan banyak lagi tenaga sekuriti, jadi masih membuka kesempatan kepada pemuda yang memiliki kriteria syarat untuk dapat bergabung dengan kita”tambahnya.

Pelatihan di camp konsentrasi JSS sudah berlangsung selama 5 gelombang, masing-masing gelombang melatih lebih kurang 100 anggota baru, mereka dilatih khusus oleh team dari Detasemen 235 Bandung, tenaga ahli yang memiliki kwalifikasi sebagai pelatih.

Berbagai macam pelatihan diberikan di camp konsentrasi, mulai dari pelatihan administrasi laporan tugas, hingga latihan lapangan dan kekuatan fisik, fisik ditempah hingga tahan dalam segala medan. “Dari latihan baris berbaris, tata upacara militer hingga skill pengamanan dan TURJAWALI (Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli)” Bp. Ronny menjelaskan, “Selain itu kita juga membekali anggota dengan latihan bela diri Karate, kemampuan untuk Raffling (menuruni bukit) hingga pelatihan-pelatihan khusus, dan kita juga memiliki Pasukan Khusus yang kita beri nama dengan Tim Sus (Tim Khusus)” paparan Bp. Ronny.

Menurut Bp. Ronny lagi “harapan kedepannya nanti, anggota sekuriti kita mampu untuk melakukan pengamanan dengan maksimal ditiap titik yang dibutuhkan oleh PT.Jhonlin Baratama bahkan perusahaan yang bernaung dalam grup Jhonlin, oleh karena itu kita membutuhkan banyak anggota agar dapat memenuhi kuota jumlah anggota”.

Ditiap gelombang penerimaan lebih dari 100 orang yang mendaftar, namun setelah proses seleksi berkurang menjadi lebih kurang 100, dan akan disaring lagi saat pelatihan yang dilakukan selama beberapa hari, disinilah uji mental dan fisik tiap anggota sekuriti baru akan dicoba, apakah mereka layak untuk menjadi anggota Jhonlin Security Service, karena JSS tidak sembarangan pilih dalam merekrut anggota barunya, hanya mereka yang telah teruji secara mental dan fisik yang akan direkrut, Jhonlin Security Service bertekad untuk membentuk tiap anggotanya dengan Motto; Tangkas, Tangguuh dan Bertanggung Jawab, hal ini disampaikan oleh Bp. Ronny saat pelatihan sedang berlangsung.

Sementara itu, untuk pelatihan bela diri Karate juga diwajibkan bagi anggota baru, hampir setiap pagi mereka berlatih di lapangan Markas Brimob Sungai Dua. Bp. H.Sahbirin Noor S.Ss MH selaku Chief Security dan SHE menyampaikan “Anggota yang kita rekrut mendapatkan pelatihan pengamanan dan beladiri yang maksimal, nantinya mereka akan diterjunkan langsung untuk mengamankan berbagai pekerjaan pengamanan baik dilingkup PT.JB maupun Grup Jhonlin, bahkan tidak menutup kemungkinan, kita akan bekerja sama dengan perusahaan diluar grup Jhonlin, artinya JSS adalah pelayanan keamanan bagi siapa saja yang membutuhkan tenaga keamanan profesional kita”.

Beberapa waktu lalu, saya sempat diberikan kesempatan untuk menyaksikan pelatihan Gelombang ke 5 di Camp Konsentrasi Sungai Dua, materi latihan yang diberikan cukup keras, sepertinya usaha Detasemen 235 untuk membentuk karakter sekuriti yang tangguh memang sangat diprioritaskan, Menurut Pak Gun, salah seorang pelatih dari Detasemen 235 “latihan yang keras ini hanyalah masalah terbiasa atau tidak saja, jika tak terbiasa, pastinya kita akan merasa latihan ini sangat keras dan berbahaya, tapi jika nanti sudah terbiasa, latihan ini sudah seperti makan kerupuk, makanya dibutuhkan mental yang kuat untuk dapat melalui pelatihan ini”ujarnya.

Dilain waktu, saya mendapat kehormatan hadir saat latihan bela diri karate, lebih kurang 100 orang yang berlatih saat itu, mereka dilatih oleh Bp. Peter dengan sabuk hitam Dan 4, pula ditemani oleh 3 orang pelatih dengan sabuk hitam Dan 3, sementara, Bp. Sahbirin Noor S.Sos MH juga terlihat melatih para Karateka, Bp.Sahbirin menggunakan sabuk hitam Dan 3, kedisiplinan, fisik dan ketepatan gerakan beladiri menjadi acuan utama pelatihan.

Jhonlin Security Service saat ini sedang dalam tahap pematangan anggotanya, jika kita istilahkan dengan buah Duren, maka bersabarlah untuk menantikan matangnya si buah, lalu kita belah durennya. Yummy. (RP)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s