Revegetasi Tahap III di PIT.Gajah Mada Barat

Menuju Indonesia hijau

Sebuah niatan baik dari komitmen PT.Jhonlin Baratama mengenai revegetasi lahan bekas tambang merupakan salah satu fokus utama dan skala prioritas perusahaan dalam menciptakan lingkungan hutan yang sesuai dengan kelayakan dan fungsinya.

Dimulai pada tanggal 17 Oktober hingga 24 Oktober 2011, sebanyak 4.444 bibit pohon Trembesi, Sengon, Akasia dan Sengon telah ditanami di area Pit Gajah Mada Barat, penanaman ini langsung dilakukan secara simbolis oleh Bp. H. Sahbirin Noor S.Sos MH selaku Chief SHE Dept., disaksikan oleh Bp. Efgar WS selaku Supervisor Safety, Bp. Slamet Sabaruddin selaku Jr. Officer Environmental dan Bp. Rizal Akbar selaku GA Manager.

Penanaman ini merupakan program lanjutan revegetasi tahap ke tiga di area PIT. Gajah Mada Barat, dengan luasan area sekitar 4 Ha, yang ditanami berbagai bibit tanaman, yang nantinya diharapkan mampu mengembalikan peruntukan hutan sebagaimana harusnya.

Bp. Sahbirin mengungkapkan “kita tidak hanya akan menanami bibit pohon saja, namun  kita akan melakukan perawatan dan menjaga tumbuh kembangnya pohon yang kita tanam agar pertumbuhan dari bibit yang kita tanam tetap terjaga dan pada waktunya nanti, apa yang kita tanam dapat dinikmati hasilnya oleh anak cucu kita” ujar beliau.

Ini adalah sebuah komitmen dari PT.Jhonlin Baratama, keseriusan manajemen perusahaan melalui Divisi Environment SHE Dept., tidak main-main dalam hal ini, seperti yang diungkapkan pula oleh Bp. Sahbirin beberapa waktu silam “bagi kami, usaha dalam hal penanaman kembali lahan bekas tambang merupakan salah satu prioritas utama dan revegetasi, reboisasi, reklamasi adalah harga mati, wajib untuk dilaksanakan”.

Seperti pepatah bijak “apa yang kita tanam itulah yang kita tuai”, namun dalam hal ini mengalami sedikit pergeseran makna “apa yang kita tanam saat ini, itulah yang akan dinikmati hasilnya oleh anak cucu kita nanti”. (RP)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s