Keluarga Besar PT. Jhonlin Baratama (Part.1 : Engineering Team)

Setelah edisi JB News sebelumnya memuat Organisation chart PT. Jhonlin Baratama, untuk edisi JB News ke-2 dan seterusnya secara ber-urutan akan membahas secara singkat tentang Departement yang  ada di PT. Jhonlin baratama, Sebagai ajang silaturahmi dan memper-erat kebersamaan dan kesatuan kita dalam satu bendera besar PT. Jhonlin Baratama.
OPERASIONAL
Bisa kita mulai dari Bagian Operasional, dengan Jenderal besarnya Bpk Antono Budiarto, Bagian Operasional membawahi beberapa Departement, seperti; Engineering Dept. Mining Dept. Supply Chain Dept. Plant & Maintenance Dept. dan Infrastructure Dept.
A. Engineering Departement
“Dengan perencanaan penambangan yang baik dan benar itu akan sangat mempengaruhi kontinuitas penambangan dan biaya yang dikeluarkan”
Panglima besar Engineering Dept. adalah Bpk. Daud Kala Bombang, atau yang akrab disapa pak Daud, beliau menyambut dengan ramah saat ditemui diruangannya, membawahi beberapa divisi, yakni; Exploration, yang dikepalai oleh Bpk. Ady Setiawan, Mine Planning, dikepalai oleh Bpk. Herman Daud Musu, dan Subcon & Infrastructure Facility Management yang di komandani oleh Bpk. Hasmunandar.
Secara ringkasan lisan pak Daud menceritakan apa saja yang dikerjakan di Engineering Departement, dimulai dari;
Exploration:
bertugas mencari dan menemukan batubara secara detail, mulai dari mencari atau survey lokasi batubara, menemukan bentuk penyebaran batubara, melakukan pemboran dan mengambil sample yang ditemukan hingga menganalisa jumlah dan kwalitasnya.
Mine Planning Engineer:
Dari hasil data Exploration, Team MPE menghitung atau meng-klasifikasikan cadangan ekonomis dan non-ekonomis area tambang, kemudian membuat rencana dan disain / konsep penambangan, mulai dari sekuen, galian, pit, disposal, kebutuhan alat berat hingga biaya yang dibutuhkan.
Subcon & Infrastructure Facility Management:
Mendisain infrastruktur penambangan dan mengawasi pembangunannya, serta mengawasi pekerjaan para sub-contractor yang bekerja sama dengan PT.JB.
Departement Engineering merupakan salah satu ujung tombak dari kegiatan pertambangan, seperti yang disampaikan oleh Pak Daud saat menutup pembicaraan “Dengan perencanaan penambangan yang baik dan benar itu akan sangat mempengaruhi kontinuitas penambangan dan biaya yang dikeluarkan”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s